Pantai Putra Deli di Pantai Labu, Lubuk Pakam Deli Serdang

Pantai Putra Deli berada di Pantai Labu, Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. Letaknya tidak jauh dari landasan pacu KNIA (Kuala Namu International Airport). Keistimewaan Pantai Putra Deli karena ia masih asri dan pengunjung dapat melihat pesawat terbang yang landing atau take off, seakan-akan “mendarat” di laut. Jika pengunjung berdiri di atas pasir putih dan melepaskan pandangan ke ufuk terjauh, maka tampaklah hamparan Pantai Timur Sumatera  yang begitu luas dan cantik. Sesekali terdengar juga deru mesin kapal bermotor dan suara camar laut atau burung bangau putih yang meliuk menyambar ikan. Saat hari masih pagi, angin bertiup tenang, air laut surut, ranting cemara berayun, dan ombak perlahan mendebur memecahkan sunyi.
Pantai Putra Deli di Pantai Labu, Lubuk Pakam Deli Serdang
Pantai Putra Deli masih asri, keberadaannya dekat dari landasan pacu Bandara Kuala Namu. Pada akhir pekan Jumat-Sabtu-Minggu dan hari libur, Pantai Putra Deli ramai dikunjungi. Pantai-pantai sekitar Putra Deli di antaranya Pantai Serambi Deli, Pantai Muara Indah, dan Pantai Ancol. /Dok. Setiadi R. Saleh

Pantai Putra Deli dibuka kira-kira tiga atau empat tahun lalu seiring dengan dibukanya Bandara Internasional Kuala Namu Deli Serdang menggantikan Bandara Polonia Medan. Kemudian, tahun 2016 Pantai Putra Deli mulai populer dan mengalami lonjakan pengunjung terutama pada akhir pekan dan musim liburan sekolah, liburan keagamaan seperti Imlek, liburan puasa dan Hari Raya Idul Fitri, Natal dan tahun baru.

Pantai Putra Deli di Pantai Labu, Lubuk Pakam Deli Serdang
Pemandangan lepas Pantai Putra Deli di Laut Pesisir Timur Sumatera. Dari kejauhan pesawat terbang bersiap take off di Bandara Internasional Kuala Namu. Sepintas seperti titik kecil saja di angkasa tetapi jika punya kamera canggih maka pesawat tersebut dapat terfoto dengan baik. /Dok. Setiadi R. Saleh

Pantai Putra Deli di Pantai Labu, Lubuk Pakam Deli Serdang
Sebelum sampai di lokasi Pantai Putra Deli, jajaran hutan mangrove (bakau) teduh sekali. /Dok. Setiadi R. Saleh

Perlu dimaklumi, sepanjang Pantai Timur Sumatera yang ada di sekitar Lubuk Pakam dan berbatasan langsung dengan Selat Malaka dan negara jiran Malaysia. Warna air lautnya tidak biru atau hijau tetapi sedikit keruh pertanda laut dangkal.


Berbeda dengan Pantai Barat Sumatera, air lautnya berwarna biru atau hijau. Tetapi, sekali lagi tidak ada gunanya membanding-banding setiap pantai tersebut, masing-masing membawa kesan tersendiri.
Pantai Putra Deli di Pantai Labu, Lubuk Pakam Deli Serdang
Tarif tiket di Pantai Putra Deli. Kereta (sepeda motor) Rp. 10.000, becak Rp. 15.000, mobil Rp. 35.000. /Dok. Setiadi R. Saleh

Sebenarnya selain Pantai Putra Deli, terdapat pantai-pantai cantik lainnya tidak begitu jauh dari bandar udara pesawat terbang. Di sekitar Bandara Kuala Namu (KNIA) sekurang-kurangnya terdapat empat objek wisata pantai laut indah yang menarik untuk dikunjungi antara lain:  Pantai Putra Deli, Pantai Serambi Deli, Pantai Muara Indah, dan Pantai Ancol.
Pantai Putra Deli di Pantai Labu, Lubuk Pakam Deli Serdang
Sebuah dermaga tradisional dekat jembatan Jalan Perintis Kemerdekaan Kecamatan Pantai Labu. /Dok. Setiadi R. Saleh

Adapun untuk rute untuk menuju ke Pantai Putra Deli banyak sekali jalan alternatipnya. Bisa melalui jalan-jalan yang biasa dilalui orang pada umumnya atau sesekali ingin berpetualang mencari jalan baru yang jarang ditempuh oleh kebanyakan orang.

Baca juga:
Taman Buah Lubuk Pakam, Makan Buah Sepuasnya
Perjalanan Gila Seorang Diri, Pantai Putra Deli Sumatera Timur


Halaman 6




Penulis: Setiadi R. Saleh
Kutipan Favorit: "Seruan Sanubari"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *