Kapal Ferry Penyeberangan dari Ajibata - Parapat ke Tomok - Pulau Samosir

Berlibur di kota Parapat yang terletak di pinggir danau terindah di Indonesia yaitu Danau Toba dengan keajaiban alam dan legenda batu gantungnya, tidak akan lengkap jika anda tidak mengunjungi pulau Samosir. Sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba Sumatera Utara. Untuk mengunjungi pulau Samosir bisa melalui jalan darat atau menyeberang menggunakan kapal ferry.
Kapal Ferry Penyeberangan dari Ajibata, Parapat ke Tomok, Pulau Samosir
Kapal Ferry Penyeberangan dari Ajibata, Parapat ke Tomok, Pulau Samosir. /Dok. SeMedan.com

Pulau Samosir dengan dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut dan menjadikan sebuah pulau yang menarik turis lokal maupun turis mancanegara. Di pulau Samosir terdapat juga dua buah danau kecil sebagai daerah wisata yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang yang mendapat julukan "Danau diatas Danau"  dan situs peninggalan sejarah, seperti makam Raja Sidabutar di desa Ambarita, rumah Adat Batak Toba dan Tari Tradisional Sigale-gale yang akan di tulis di artikel berbeda.

Baca juga:
Parapat Kota Kecil Nan Indah di Tepi Danau Toba
Pulau Samosir, Permata di Tengah Danau Toba
Sejarah Makam Raja Sidabutar, Pulau Samosir
Museum Rumah Adat Batak, Pulau Samosir
Danau Sidihoni, Danau Diatas Danau

Untuk pengendara kenderaan roda dua atau roda empat menuju ke pulau Samosir pada umumnya menggunakan jasa kapal ferry penyeberangan dari pelabuhan Ajibata Parapat menuju ke Tomok Pulau Samosir, sambil menikmati pemandangan Danau Toba. Biaya penyeberangan mobil dengan penumpangnya dengan kapal ferry sebesar Rp. 115.000 (17 November 2013).

KKPDT 2016:
Rencana Kegiatan Kunjungan Kerja Presiden RI ke Wilayah Sumatera Utara
Panduan Mengikuti Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016

Update 31 Juli 2016
Biaya Tiket penyeberangan untuk Gol. IV (Jeep, Sedan, Kijang, Starwagon, & sejenisnya).
Tarif : Rp. 102,500 + Asuransi Rp. 3.500 = Rp. 106.000.

Biaya Tiket untuk 4 Penumpang Dewasa : Rp 14.000 + Asuransi Rp. 1.600 = Rp. 15.600.

Kapal Ferry Penyeberangan dari Ajibata, Parapat ke Tomok, Pulau Samosir

Di hari libur dan hari-hari besar kapal ferry selalu tersedia setiap jam kecuali hari biasa mempunyai jadwal tertentu.

Jadwal kapal ferry penyeberangan di pelabuhan Ajibata pada hari biasa
Jadwal kapal ferry penyeberangan di pelabuhan Ajibata pada hari biasa. /Dok. Edited dari parapatnews.com

Untuk pengguna kenderaan roda empat atau lebih, untuk memarkirkan kenderaan di dalam kapal ferry, mobil berjalan dalam posisi mundur hingga masuk ke dalam kapal dari depan penjualan tiket. Begitu juga sebaliknya masuk ke kapal ferry dari Tomok ke Parapat, kenderaan menghadap keluar.


Perjalanan dari Ajibata ke Tomok sekitar 30 menit, dan agar anda tidak bosan pergi berjalan-jalan ke atas dek kapal sambil menikmati hembusan angin sejuk dan melihat Pulau Samosir dan Kota Parapat dari tengah Danau Toba atau menikmati makanan yang tersedia di kapal dan di hibur oleh pengamen cilik dengan lagu-lagu daerah.
ZZ  dari jendela di ruangan penumpang
ZZ  dari jendela di ruangan penumpang. /Dok. SeMedan.com
Menikmati bekal makanan di ruangan penumpang kapal ferry
Menikmati bekal makanan di ruangan penumpang kapal ferry. /Dok. SeMedan.com

Atau anda ingin merasakan pengalaman seperti di film Titanic naik ke dek paling atas, disarankan agar berhati-hati jika membawa anak anda melewati tangga dan pembatas kapal, dari kejauhan anda bisa melihat lalu lintas kapal ferry dari Tomok menuju ke Ajibata dan kapal wisata menuju Situs Batu Gantung.
Sebuah kapal ferry dari Tomok menuju ke Ajibata
Sebuah kapal ferry dari Tomok menuju ke Ajibata. /Dok. SeMedan.com

Setelah mengelilingi Pulau Samosir, disarankan untuk menuju balik ke Parapat melalui jalan darat lewat daerah Panguruan melalui jembatan Tano Ponggol yang terhubung dari pulau Samosir ke Pulau Sumatera. Di hari libur dan hari-hari besar Pelabuhan Tomok akan di padati oleh antrian kenderaan menuju ke parapat melalui tranportasi kapal ferry sepanjang 1 kilometer lebih (2013).

Jika Anda sabar tidak memilih melalui jalan darat lewat Panguruan dan memilih mengantri untuk masuk ke kapal, anda akan melihat anak-anak pengutip uang logam berenang tidak jauh dari kapal ferry bersandar.

Beberapa penumpang melempar uang logam ke dalam danau, dan anak-anak itu berenang menuju dimana uang logam di jatuhkan, menyelam dan kemudian muncul ke permukaan dengan uang logam berada di tangannya, mereka tidak takut dengan bahaya yang mengintai terkena baling-baling kapal.

Bersambung ke HALAMAN 6

Perjalanan dari Pelabuhan Ajibata, Parapat ke Tomok, Pulau Samosir


Baca jugaMenara Pandang Tele, Menikmati Panorama Danau Toba dari Ketinggian


Halaman 5


Penulis: M. Sahidin
For SeMedan.com

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *