Panduan dan Tips Lengkap Bagi yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat

Melakukan perjalanan dengan menggunakan transportasi pesawat terbang tentunya sudah biasa bagi sebagian orang, Bepergian dengan pesawat terbang memang lebih cepat sampai tujuan daripada menggunakan angkutan darat atau pun laut. Dan bukan lagi menjadi hal yang sulit dijangkau oleh masyarakat. Terlebih dengan banyaknya tiket pesawat murah, memudahkan siapapun untuk menikmati fasilitas transportasi udara, tapi bagaimana jika ini merupakan pengalaman pertama Anda?

Panduan dan Tips Lengkap Bagi yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat

Pengalaman pertama menggunakan moda transportasi pesawat akan membuat kita memikirkan berbagai macam hal, dimulai dari:
  1. Cara memesan tiket pesawat.
  2. Memilih tempat duduk saat web check-in.
  3. Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum keberangkatan?
  4. Apa saja yang boleh di bawa ke kabin pesawat, bagaimana cara menitipkan bagasi di counter check-in?
  5. Bagaiman mengetahui terminal keberangkatan?
  6. Apakah naik pesawat aman?

Panduan dan Tips Lengkap mengenai bepergian dengan pesawat.


Penulis merangkum segala informasi penting yang Anda butuhkan bagi yang baru pertama kali naik pesawat. Berikut panduan dan tipsnya:

1. Cara memesan tiket pesawat.

Saat ini kita bisa memesan tiket pesawat secara online melalui beberapa situs terkenal dengan mudah. Kita tidak perlu mengunjungi situs maskapai tertentu seperti Garuda, Citilink, Air Asia, Lion Air dan sebagainya satu persatu untuk melihat harga termurah, melainkan hanya dengan mengunjungi situs agen tiket online yang sudah terjamin keamanannya. Salah satunya adalah Traveloka.com.

Caranya mudah dan gampang dipahami. Membeli tiket pesawat secara online di Traveloka juga memberikan kita kemudahan untuk mendapatkan tiket yang murah dibandingkan jika kita membeli langsung dari situs resminya.

Ikuti panduan dari situs yang akan membawa Anda melalui setiap langkah dari awal saat Anda mulai mencari penerbangan, hingga titik akhir saat Anda melakukan pembayaran melalui beragam cara pembayaran agen tiket online.

2. Memilih nomor kursi di pesawat saat Web Check-in.

Check-in melalui internet atau yang disebut Web Check-in. Web Check-in dulu jarang dimanfaatkan penumpang, tapi sekarang mulai populer sejak Airport tax sudah menyatu dengan harga tiket, maka peran Web Check-in di internet ini cukup efektif. Di bandara tidak perlu lagi sibuk mengantri di counter petugas airport tax. Web Check-in di Situs Maskapai penerbangan perlu Anda lakukan, karena penumpang tidak diijinkan masuk ruang tunggu jika belum melakukan check-in.

Banyak kejadian penumpang gagal terbang gara-gara terlambat melakukan Check-in. Padahal maskapai telah menyatakan secara tertulis di tiket, bahwa Check-in paling lambat antara 1,5 – 2 jam sebelum berangkat dan counter Check-in ditutup 30 menit sebelum berangkat. Jika penumpang datang kurang 5 menit saja sesuai aturan, penumpang tidak akan bisa melakukan Check-in, alias tiket hangus. Disinilah perlunya Web Check-in.

Melalui Check-in di internet, anda bebas memilih nomor kursi di pesawat. Lebih awal melakukan Check-in berarti peluang memilih lebih banyak. Pilihan nomor kursi ini terasa sekali arti pentingnya jika bepergian bersama keluarga atau teman. Kalau rombongan hanya mengandalkan Check-in langsung di bandara, bisa jadi akan mendapatkan nomor kursi yang terpisah-pisah sesuai pengaturan yang dilakukan oleh petugas bagian check-in maskapai. Walaupun sebenarnya bisa saja memilih nomor kursi jika check-in lebih awal datang ke bandara.

Pemilihan nomor kursi di Maskapai Air Asia

24 jam sebelum keberangkatan anda sudah bisa melakukan Web Check-in di website Maskapai penerbangan. Setelah itu Anda tidak perlu khawatir dan terburu-buru lagi berangkat menuju bandara, karena sudah tercatat oleh sistem sebagai penumpang pesawat.

Panduan dan Tips Lengkap Bagi yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat


3. Apa yang harus dipersiapkan sebelum keberangkatan?

Persiapan yang Anda lakukan sangat menentukan kelancaran menuju ke bandara nantinya. Berikut hal-hal yang harus yang Anda perhatikan sebelum keberangkatan.

Siapkan tas sandang kecil untuk menyimpan handphone/smartphone, dompet, jam tangan, tali pinggang, cincin, gelang topi atau kopiah dan jaket saat melewati pemeriksaan X-Ray. Sebaiknya barang bawaan Anda berada dalam satu tas, tidak dalam banyak tas, resiko tas ketinggalan di ruang tunggu atau dalam kabin pesawat paling sering terjadi.

Seperti yang dialami penulis baru-baru ini, sebuah tas plastik berisi 3 buah blangkon dan beberapa pakaian dan charger ketinggalan di dalam kabin pesawat Lion Air JT 0979 dengan tujuan Surabaya - Medan pada tanggal 20 Oktober 2016. Pada hari itu lapor ke maskapai Lion Air via website diarahkan ke divisi Lost and Found Lion Air di Kualanamu. Setelah tanya-tanya ke petugas Lost and Found Lion Air dan Sekuriti Kualanamu hasilnya nihil, Yang Lost pasti tidak Found.
Panduan dan Tips Lengkap Bagi yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat

Cetak langsung boarding pass nya. Karena meskipun sudah punya boarding pass versi cetak, maskapai tetap meminta penumpang untuk ke counter check-in. Tujuannya untuk memeriksa identitas penumpang.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terlambat check-in atau tertinggal pesawat, Anda sebaiknya datang lebih cepat satu atau dua jam sebelum jadwal penerbangan.


4. Apa saja yang boleh di bawa ke kabin pesawat, bagaimana cara menitipkan bagasi di counter check-in?

Sesuaikan barang bawaan dengan kapasitas bagasi yang telah ditentukan oleh maskapai. Dapat diketahui ketika Web Check-in atau lihat langsung di situs Maskapai penerbangan Anda.

Setiap maskapai memiliki kebijakan masing-masing mengenai batas bagasi gratis dan tas yang dapat dibawa ke kabin pesawat. Hal ini penting Anda tau agar terhindar dari kewajiban membayar ekstra akibat bagasi berlebih.

Jika terbang tanpa bagasi, cukup perlihatkan boarding pass dan identitas (KTP) di counter check-in, penumpang dapat langsung ke ruang tunggu terminal keberangkatan tanpa harus berlama-lama untuk menitipkan bagasi di pesawat.

Sebelum naik ke pesawat, Anda perlu tau bahwa ada peraturan barang-barang yang tidak diperbolehkan masuk ke dalam kabin pesawat tapi masih mungkin disimpan di bagasi. Dibawa masuk ke dalam kabin artinya barang tersebut tidak didaftarkan sebagai bagasi saat check-in. Tapi ada pula benda-benda yang memang tak diizinkan masuk ke kabin ataupun bagasi.

Panduan dan Tips Lengkap Bagi yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat


5. Bagaimana mengetahui terminal keberangkatan?

Informasi mengenai terminal keberangkatanmu bisa dilihat di e-tiket yang telah terbit. Untuk bandara kecil yang hanya memiliki satu terminal keberangkatan dan kedatangan, Anda memang tidak perlu khawatir. Hal ini berbeda jika Anda harus berangkat dari bandara yang memiliki banyak terminal.

Contohnya Bandara Internasional Kualanamu yang memiliki beberapa terminal keberangkatan. Jika Anda tidak tau dengan terminal keberangkatan Anda, Anda bisa bertanya pada petugas bandara yang ada di sekitar counter check-in yang berdiri seperti patung.

6. Apakah naik pesawat aman?

Pesawat terbang adalah  transportasi yang diklaim sebagai transportasi yang paling aman sedunia. Para insinyur Boeing atau Airbus membangun struktur pesawat dengan penuh perhitungan, sehingga bahan dan penggerak pesawat diciptakan untuk bisa terbang di udara secara aman dan nyaman bagi penumpang.

Kecelakaan transportasi bisa terjadi kapanpun, dimanapun dan korban bisa siapa saja, tidak peduli apakah kendaraan yang dipilih untuk perjalanan berwujud pesawat, kereta api, bus, mobil atau sepeda motor sekalipun. Sebagai penumpang, kita pun harus siap dengan resiko terburuk memilih kendaraan tersebut, yaitu terjadinya kehilangan barang atau kecelakaan. Minimal, sebelum perjalanan kita mengabarkan kepada orang terdekat untuk mengetahui perjalanan kita, serta berdoa sepanjang perjalanan agar dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Saat naik pesawat terbang

Jangan mudah panik dan jangan malu bertanya pada petugas di bandara atau di pesawat jika ada hal yang kurang di mengerti.

Ketika sudah berada dalam pesawat, patuhi semua peraturan yang ada. Setelah boarding, naik ke pesawat, Anda akan diminta mematikan handphone/smartphone agar tidak mengganggu sistem navigasi pesawat. Selanjutnya Anda akan diminta kenakan sabuk pengaman seperti yang diperintahkan. Perhatikan baik-baik demo alat keselamatan penerbangan yang diperagakan oleh awak kabin, bukan wajah awak kabinnya.

Demikianlah Panduan dan Tips Lengkap Bagi yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat, bagi yang sudah pernah naik pesawat berarti Anda telah menghabiskan waktu membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Penulis: M. Sahidin
Disadur dari berbagai sumber, traveloka.com, airasia.com
Sumber: SeMedan.com

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *