Sibolga Negeri Berbilang Kaum, Ingin Aku ke Sana!

Dari tepian dermaga Wisata Indah Sibolga, Maghrib merapuh, air laut biru menghitam ditimpa sinar mentari senja yang keemasan. Di ufuk terjauh terlihat asap mengepul dari cerobong PLTU Labuan Angin. Gumpalan mega-mega di langit Pantai Barat Sumatera bagai lukisan syahdu yang mempengaruhi simfoni kalbu. Keindahan seolah tidak perlu lagi ditafsirkan dan dituliskan. Tuhan pasti sedang bahagia ketika menciptakan Sibolga.
Sibolga Negeri Berbilang Kaum, Ingin Aku ke Sana!
Dari pucuk dermaga Wisata Indah Sibolga tampak cerobong PLTU Labuan Angin. © Ahmad Shabri Pasaribu

Sibolga digelari Negeri Berbilang Kaum. Ada banyak sekali perkauman, suku bangsa dan etnis masyarakat yang sejak dahulu hidup di Teluk Tapian Nauli Sibolga. Sibolga menggunakan Bahasa Minang logat pesisir. Sampai kini di setiap sudut kota, negeri berbilang kaum mengakar dalam tradisi kehidupan sehari-hari.

Kalau naik kendaraan, dari Kota Medan menuju Sibolga dapat ditempuh sekitar 8 jam. Ada banyak sekali sarana transportasi menuju Sibolga, baik travel maupun bus dan juga dengan pesawat terbang. Nama-nama transportasi tersebut mudah dikenali kalau kita lihat di Jl. SM. Raja seperti: CV Flores Travel Sibolga, Bus Makmur Medan-Sibolga, Sibolga Nauli Taxi Indonesia, CV Simpati Taxi Medan, travel Padang-Sibolga, dan seterusnya. Adapun harga tiketnya tidak terlalu mahal. Kata orang-orang yang sudah pernah ke Sibolga, selama perjalanan makan 2 kali, di Siantar dan Tarutung.


Selain itu jangan ditanya lagi kalau tempat-tempat wisata dan tamasya di Sibolga. Ada banyak sekali seperti Pulau Mursala dan Putri Runduk, Pulau Poncan Gadang, alam pegunungan di Tor Simarbarimbing, Pantai Bosur, Tanggo Saratus, lebih dari seratus anak tangga, Pulau Sarudik untuk mancing. Bukan hanya laut, sungai-sungai di Sibolga menawarkan pesona yang menawan. Kemudian bisa juga wisata sejarah sampai menuju Barus, tempat yang sangat melegenda sampai ke mancanegara.
Sibolga Negeri Berbilang Kaum, Ingin Aku ke Sana!
Memancing di laut Sibolga, menempuh rute di hulu sungai dekat pabrik Mujur Timber Sibolga. © Rachmat Alim

Meskipun Sibolga banyak tempat wisata, belum tentu semua orang mau bertamasya. Ada juga yang memilih khusus memancing sebagaimana yang dilakukan rekan-rekan pembaca SeMedan.com yaitu, Rachmat Alim dan kawan-kawan. Mereka jauh-jauh dari Medan khusus memancing di laut Sibolga.

Sibolga digelari Negeri Berbilang Kaum dan memiliki laut yang indah menghadap Samudera Hindia. Ingin sekali bisa ke Sibolga, Semoga!

Penulis: Setiadi Rachmat Saleh
Kutipan Favorit: "Seruan Sanubari"
Sumber: SeMedan.com

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *