Ribuan Penduduk Meriahkan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 di Tobasa

Sekitar pukul 15.14 WIB Presiden RI Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriani Widodo hadir dalam Acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba yang digelar disepanjang 3.5 Km dari Jembatan di Soposurung hingga Sibulele Balige, Toba Samosir Sumatera Utara, Minggu, (21/8).

Ribuan Penduduk Meriahkan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 di Tobasa

Kehadiran Presiden Joko Widodo yang mengenakan ulos motif Ragidup Sirara dan Ibu Negara Iriana mengenakan ulos bermotif Tum-tum yang sengaja disiapkan oleh perancang busana Edward Hutabarat disambut hangat oleh Bupati Tobasa Darwin Siagian dan Wakil Bupati Hulman Sitorus, bersama seluruh Bupati/Wakil Bupati kawasan Danau Toba dan perwakilan pejabat daerah lainnya.


Kehadiran presiden Joko Widodo bersama beberapa menteri Kabinet Kerja diantaranya Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman dan Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata di Toba Samosir dalam rangka menghadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016, yang merupakan awal kebangkitan Danau Toba sebagai salah satu 10 destinasi wisata nasional Indonesia.
Di awal sambutannya Presiden Joko Widodo disambut tepuk tangan yang meriah dari para ribuan peserta dan ratusan ribu penonton pesta karnaval.

Ribuan Penduduk Meriahkan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 di Tobasa

“Pesona Danau Toba harus dilanjutkan tiap tahunnya. Di sini kita tidak ada kelihatan perbedaan-perbedaan budaya kita. Ada Batak Mandailing, Karo, Toba, Simalungun, dan Dari dan Pakpak. Tapi itulah perbedaan-perbedaan yang menyatukan kita,” sebut Jokowi dalam awal pidatonya.

Lebih lanjut Joko Widodo mengatakan bahwa karnaval kali ini, semua peserta mengenakan kain ulos dan ikat kepala sortali.

“Saya senang sekali pada sore ini semua masyarakat mengenakan ulos. Semua masyarakat memakai sortali. Semua masyarakat memakai tom-toman. Hal ini harus kita pelihara, agar terlihat semua karakter bangsa,” lanjut Jokowi.

Jokowi kemudian melepas rombongan karnaval, ditandai dengan pemukulan Gondang sebanyak 7 kali, dan secara bersama-sama dengan masyarakat setempat ikut menghitung tabuhan gendang, mulai dari satu sampai tujuh, menggunakan bahasa lokal (Batak).

Para peserta Karnaval terdiri dari 300 an orang anggota Koor Ama Kabupaten Tobasa, anggota Paskibra Tobasa, 700an ibu-ibu makkuti tandok, anggota kungfu naga sakti, para aparatur desa dengan membawa 500 meter kain ulos terpanjang dalam rakor muri 2014, para pasukan semut yang bertugas untuk menjaga kelestrian kebersihan Danau Toba, kelompok sangar seni tari Se-Tobasa, peserta penari 9 cawan Ajibata, kelompok pocil (polisi cilik) Polres Tobasa, kelompok tari sigale-gale, kelompok penari dari 6 puak di Sumatera Utara, kelompok model pakaian adat SMA Negeri 2 Balige dan peserta karnaval lainnya.

Selanjutnya barisan karnaval Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana, Menteri Pariwisata  Arief Yahya dan Menko Maritim Luhut Pandjaitan, Jokowi menaiki mobil hias dan langsung diarak berajalan sepanjang 3.5. Km Jalan Lintas Sumatera Kota Balige.

Masyarakat menyambut sangat gembira arak-arakan Jokowi. Tak sedikit warga yang berbaris dan melambai-lambai di sisi kiri dan kanan jalan. Paspampres dan anggota TNI/Polri tampak mengawal ketat rombongan.

Ribuan Penduduk Meriahkan Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 di Tobasa

Pantauan media ini, Peserta Karnaval di perkirakan sekitar 6000an orang dan penonton berkisar 100ribu orang memadati hiruk pikuk Karnaval Kemederkaan Pesona Danau Toba 2016 disepanjang jalan lintas sumatera sepanjang 3.5 km.



M1
Source: www.tobasamosirkab.go.id
For SeMedan.com

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *