Panduan Mengikuti Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016

Merayakan HUT ke-71 RI pada tanggal 20-21 Agustus 2016, di Parapat dan Balige, Sumatera Utara, digelar "Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba". Ada beragam acara menarik seperti Konser musik artis ibu kota, panggung apung di Pantai Bebas-Parapat, parade perahu berhias lampu warna-warni di Danau Toba, pentas, tarian kontemporer berbasis tari daerah, opera Batak, Karnaval Budaya di Balige, Toba Samosir, serta Pesta Rakyat.

Panduan Mengikuti Karnaval kemerdekaan Pesona Danau Toba

Bagi Anda yang berminat untuk ikut serta dalam karnaval terbesar di Indonesia ini, berikut panduan lengkapnya:


1. Transportasi.

Diasumsikan Anda berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, maka dapat menggunakan penerbangan langsung menuju Bandara Silangit, yang terletak dekat dengan Danau Toba. Ada empat maskapai yang melayani penerbangan dari Jakarta menuju Silangit, yakni Sriwijaya, Lion Air, Garuda Indonesia, dan Wings Air.

Baca juga:
Rencana Kegiatan Kunjungan Kerja Presiden RI ke Wilayah Sumatera Utara
Tentang Budaya dan Peserta Karnaval KKPDT 2016
20 Agustus 2016, Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba Guncang Sumut

Harga tiket pesawat berkisar dari Rp 700.000 sampai Rp 1 jutaan. Dari bandara menuju Balige berjarak 20 kilometer, sedangkan dari Bandara Silangit menuju Parapat berjarak 77 kilometer.

2. Akomodasi

Ada banyak pilihan akomodasi dari hotel berbintang sampai homestay. Ketua panitia Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba, Premita Fifi merekomendasikan hotel-hotel yang terletak dekat dengan lokasi karnaval di daerah Parapat, yakni Inna Parapat, Patra Jasa, Hotel Niagara, dan Hotel Pardede.

Selain itu ada pula hotel-hotel di sekitar daerah Toledo dan Tomok, Pulau Samosir yang tak jauh dari lokasi karnaval.

Bagi masyarakat Karo, uis gara (ulos dalam bahasa Batak) telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, terutama berkaitan dengan acara adat, termasuk upacara pemakaman.

3. Jalur karnaval

Anda akan menempuh jalur karnaval sepanjang 3,5 kilometer dari Soposurung hingga Sibulele, melintasi enam bangunan megah yang dibangun tahun 1930 dengan hiasan ukiran khas Batak. Di depan pasar dibangun panggung khusus bagi para tamu.

Panduan Mengikuti Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016
Panduan Mengikuti Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016

4. Kuliner

Jangan lewatkan kuliner khas Batak, seperti arsik, mie gomak, dan saksang. Kabar gembira panitia menyediakan food truck yang dapat menambah petualangan kuliner wisatawan.

5. Busana

Di acara Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba penonton diharapkan mengenakan ulos dan sortali (tutup kepala tenun) untuk memeriahkan acara.

Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana direncanakan akan ikut berpartisipasi dalam karnaval tersebut dengan mengenakan baju khas Batak. Presiden akan mengenakan ulos Ragidup Sirara, sementara Ibu Negara mengenakan ulos bermotif Tum-Tum.

Baca juga:
Rencana Kegiatan Kunjungan Kerja Presiden RI ke Wilayah Sumatera Utara
Pesona Danau Toba 2016


M1
Source : Travel.Kompas.com
For SeMedan.com

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *