Persiapan Perjalanan Mudik Lebaran 2016

Mudik lebaran adalah rutinitas masyarakat dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri di setiap tahunnya untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga. Macet dan separah apapun keadaan di jalan, mudik selalu disempatkan untuk dilakukan. Situasi di jalan pasti bisa ditebak, macet!

Persiapan Perjalanan Mudik Lebaran 2016

Saat hari biasa perjalanan yang hanya 3 jam, bisa jadi lebih lama karena semua orang juga melakukan mudik. Oleh karena itu penting untuk mengecek bagian dari kenderaan Anda agar terhindar dari yang tidak diinginkan ketika dalam perjalanan mudik.

Berikut beberapa persiapan yang harus diperhatikan saat menggunakan kenderaan untuk mudik:


Jangan lupa bawa peralatan darurat

Berbagai peralatan yang harus dibawa saat perjalanan mudik adalah lampu emergency, tool kit, pisau lipat, kotak P3K, jas hujan, senter, perangkat pengganti ban (dongkrak, ban serap, kunci roda, segitiga pengaman), serta sarung tangan pengaman.

Persiapan Perjalanan Mudik Lebaran 2016

Anda tentu tidak ingin kenderaan Anda mogok di tengah jalanan yang sepi tanpa ada yang bisa Anda lakukan. Peralatan darurat adalah hal yang paling wajib di bawa ketika mudik.

Periksa kenderaan sebelum berangkat

Periksa jadwal ganti oli sebelumnya, apakah sudah saatnya ganti oli dan servis? Ganti oli mesin dan perawatan berkala sebaiknya memang dilakukan sebelum Anda berangkat mudik. Untuk sepeda motor, periksa oli mesin, minyak rem, ketegangan rantai dan tekanan angin ban. Untuk mobil selain yang disebutkan tadi, lakukan pengecekan jumlah takaran air radiator, minyak transmisi atau oli perseneling, serta oli power steering, tambah atau ganti jika perlu. Bawa ke bengkel servis untuk pemeriksaan yang lebih akurat dan meyakinkan Anda untuk lebih aman membawa mobil pergi mudik.


Jangan membawa penumpang atau barang melebihi kapasitas

Jika Anda membawa penumpang atau berboncengan melebihi muatan akan memberatkan kerja ban dan mesin kenderaan Anda. Terlalu banyak tas atau koper dan oleh-oleh untuk dibawa mudik, pastikan jangan membuat kenderaan Anda terlalu berat.

Terlalu banyak barang bawaan akan mengurang kestabilan kenderaan Anda dan bersesakan di dalam mobil akan membuat perjalanan mudik tidak nyaman.

Tidak dianjurkan saat mudik membawa kulkas, kipas angin, tempat tidur, lemari, kursi/meja dan lain-lain

Simpan nomor telepon penting untuk menjaga kondisi darurat di jalan

Walaupun Anda sudah melakukan pemeriksaan lengkap sebelum berangkat mudik, belum tentu hal tersebut jadi jaminan bahwa tidak akan ada masalah di tengah jalan nantinya. Simpan nomor penting di smartphone Anda berupa nomor kantor polisi, rumah sakit, jasa derek, serta nomor telepon rental mobil yang ada di sepanjang jalur mudik Anda.

Baca juga: Daftar Nomor Telepon Penting Kota Medan

Mengunduh aplikasi penting di smartphone Anda

Aplikasi Google Maps dan Direction sangat membantu Anda untuk menjadi petunjuk jalan, melihat rute macet dan mengetahui gambaran jalan yang akan Anda lalui.

Klik disini untuk mengunduh aplikasi Google Maps

Author: M. Sahidin
For SeMedan.com

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *