Google Doodle Merayakan Ulang Tahun Lotte Reiniger yang ke-117

Hari ini Google Doodle menampilkan seorang wanita didalam film animasi siluet. Google bersama tim Doodle mempersembahkan sebuah film pendek. Film tersebut merupakan film animasi siluet yang menerapkan teknik pembuatan film animasi siluet yang dipelopori Lotte Reiniger.

Google Doodle Merayakan Ulang Tahun Lotte Reiniger yang ke-117

Wanita di dalam film animasi siluet memiliki nama lengkap Charlotte Reiniger, wanita Jerman ini adalah salah seorang sutradara pelopor film animasi siluet yang hingga kini digunakan di Walt Disney. Atas karya-karyanya, Lotte terpilih menjadi Google Doodles Today untuk merayakan ulang tahun Lotte Reiniger yang ke-117.

Selama karirnya Lotte Reiniger berhasil membuat sekitar 40 judul film animasi. Film Lotte Reiniger yang terkenal yakni The Adventures of Prince Achmed yang diproduksi tahun 1926 dan film Papageno tahun 1935 yang diiringi musik latar yang dibuat oleh komponis ternama Wolfgang Amadeus Mozart.


Karakter-karakter film di dalam film animasi Reiniger berasal dari kertas yang digunting-gunting membentuk pola karakter manusia, kemudian dimainkan di belakang layar yang diberi penerangan dari belakang, dan direkam perbagian-perbagian. Hampir mirip dengan bagaimana cara wayang kulit dimainkan.

Lotte Reiniger berkarya di tengah Nazi sedang berkuasa di Jerman yang menyebabkan dia bersama suami sempat keluar mencari suaka politik di Paris dan Roma. Ia kemudian kembali dan meninggal di kota Dettenhausen, Jerman tanggal 19 Juni 1981 dalam usia 82 tahun.

Tim Google Doodle yang berkesempatan membuat video Doodle Lotte Reiniger adalah Olivia Huynh. Dia memberi judul Doodle hari ini dengan Lotte Reiniger’s 117th birthday.


Source : Wikipedia & Internet
For SeMedan.com 

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *