Cara Membagi Uang THR yang Hanya 2 Juta

Tidak terasa seminggu lagi kita akan berhari raya. Dalam menyambut hari raya ini, ada hal yang paling ditunggu yakni mendapatkan tunjangan hari raya (THR) bagi seorang karyawan muslim. walaupun sebagian perusahaan sudah ada yang memberikan THR kepada karyawannya pada jauh hari sebelumnya. Uang THR adalah sebagai bonus tiap menjelang lebaran dan bukan rutin tiap bulan, ada baiknya uang THR ini kita gunakan dengan baik dan benar.
Cara Membagi Uang THR yang Hanya 2 juta
Maaf! THR dalam perjalanan. /Dok. Internet

Saya disini bukan membahas uang THR pegawai negeri atau staf BUMN yang jumlahnya juta-jutaaan, tapi THR sebagian karyawan perusahaan yang ada di Kota Medan.


Tapi bagaimana membagi uang THR yang hanya 2 juta sekian. Ingat ya ini rata-rata gaji sebulan karyawan yang ada di kota Medan. Dan sampai sekarang juga belum dikeluarkan.

Buat Rencana Pengeluaran

Buat secara garis besar rencana pengeluaran selama lebaran, bagi dua pendapatan THR, kalau bisa di sisakan sebagian untuk digunakan untuk liburan hari raya idul fitri. Dan ingat simpan 20% dari uang THR seperti kata-kata pakar ekonomi, 20% dari THR disisihkan. 20% dari 2 juta sama dengan 200ribu.

Skala Prioritas

Tentukan mana yang penting dan tidak penting dan yang kurang penting. Tapi selama lebaran semua menjadi penting.

Bayar Kewajiban

Bayar zakat Fitrah. Zakat ini wajib bagi yang punya penghasilan, mengeluarkan zakat ini manusia dengan izin Allah akan kembali fitrah.

Bayar hutang, hutang itu kewajiban. Kalau tidak bisa bayar lunas, bayarkan sebagian. Bagaimana kalau hutang yang ada sebesar 4 juta rupiah, bayar seperempat saja.

Berhemat dan sesuaikan dengan kemampuan

Jangan beli pakaian baru, jika pakaian lama masih bisa dipakai. Seandainya beli pakaian baru jangan beli yang bermerk, pakaian keren bukan karena merk. karena seseorang yang memakainya. Bayangkan saja kalau seorang artis memakai celana jeans koyak di dengkul pasti keren, karena dia artis.

Jangan menambah hutang dengan menggadaikan uang gaji, sesuaikan dengan kemampuan yang ada.

Investasi

Sesuai dengan tujuannya, gunakan THR untuk merayakan lebaran. Setelah dipotong sana-sini untuk melunasi utang dan gaya hidup, sisa uang inilah kalau ada yang bisa di manfaatkan untuk Investasi kata pakar ekonomi.


Setelah point-point diatas saya tuliskan, kalau teman-temin masih bingung cara membagi uang THR yang hanya 2 juta saja, utamakan point Bayar Kewajiban dan jangan  menambah hutang.

Pergunakan uang THR dengan bijak, apa yang sangat di perlukan saat lebaran, selebihnya hidup sederhana, ingat kita hanya karyawan.

Cara Membagi Uang THR yang Hanya 2 Juta

Dan jangan libur lebaran terlalu lama melewati waktu libur yang ditetapkan perusahaan atau gaji Anda akan di potong.

Catatan:
Klu ada unek-unek, pendapat atau kurang berkenan silahkan berkomentar di kolom komentar yang tersedia, penulis juga seorang karyawan.

Penulis: M. Sahidin
Sumber: SeMedan.com

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *