Antara Baju Baru Lebaran dan Tahun Ajaran Baru

Dua tahun belakangan ini (2016-2015) antara tahun ajaran baru dan Hari Raya Idul Fitri waktunya berdekatan, sehingga orang-tua harus putar otak untuk mencukupi keduanya. Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriah diperkirakan jatuh tanggal 6-7 Juli 2016. Sementara masuk sekolah dan tahun ajaran baru sekitar tanggal 18 Juli 2016. Kalau beli baju baru lebaran, khawatir duitnya tidak memadai untuk kebutuhan perlengkapan sekolah. Tetapi, kalau tidak punya baju baru rasa-rasanya tidak seru terutama bagi anak-anak. Apalagi anak-anak yang sudah mulai puasa Ramadhan, punya baju baru di Hari Raya Idul Fitri walau setahun sekali akan sangat menyenangkan.

Antara Baju Baru Lebaran dan Tahun Ajaran Baru

Sebenarnya hal ini jangan sampai dijadikan beban karena belanja baju lebaran bukan seperti dulu harus berdesak-desakan di mall atau pajak (pasar) yang harganya melambung tinggi. Ada banyak cara untuk belanja seperti belanja online, murah dan berkualitas.

Barang-barangnya berasal dari pusat grosir baju seperti Tanah Abang Jakarta, Pasar Baru Bandung, dan Pajak Petisah Medan. Umumnya tersedia aneka model baju terbaru, fashion muslim. Syukur-syukur baju lebaran terbeli, perlengkapan sekolah tercukupi. Alhamdulillah.


Kendati berjumpa Hari Raya Idul Fitri setahun sekali dan hanya berlangsung beberapa hari saja. Rata-rata umat Muslim berusaha ingin menyuguhkan yang terbaik untuk keluarga, handai tolan dan tamu-tamu. Sebab, Idul Fitri adalah sarana untuk bertemu keluarga jika masih dipertemukan, sarana untuk bermaaf-maafan jika masih dimaafkan, sarana untuk saling mengampuni dan meleyapkan kebencian.

Tetapi, apalah artinya ucapan maaf, ampunan, dan pertemuan? Jika perbuatan tingkah laku dan sikap tidak pernah berubah malah tambah menjengkelkan. Sabar!

Harus diakui, terdapat perubahan dalam pola hidup konsumtif orang Muslim selama puasa Ramadhan dan Idul Fitri. Mestinya berhemat karena tidak sarapan di pagi hari dan tidak makan di siang hari. Tidak taunya, malah pengeluaran membengkak dua kali lipat.


Tetapi, Ramadhan bulan keajaiban, banyak sedekah banyak juga berkahnya. Semoga di bulan baik, semua umat Muslim di seluruh dunia berbahagia dengan atau tanpa baju baru lebaran.

Insya Allah Idul Fitri membuat hati kembali suci. Mohon maaf lahir dan batin.

Penulis: Setiadi R. Saleh
Kutipan Favorit: "Seruan Sanubari"
Sumber: SeMedan.com

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *