Ulang Tahun ke-160 Sigmund Freud's, Penemu Ilmu Psikoanalisis

Google Doodle hari ini memperingati hari ulang tahun Sigmund Freud's ke-160, Siapakah Sigmund Freud hingga menjadi tampilan Doodle pada mesin pencari terbesar Google, 06/Mei/2016.
Ulang Tahun ke-160 Sigmund Freud's, Penemu Ilmu Psikoanalisis
Sigmund Freud, yang dikenal sebagai penemu ilmu psikoanalisis. /Dok. www.sigmundfreud.net

Sigmund Freud lahir di Freiberg, 6 Mei 1856, adalah seorang Austria keturunan Yahudi dan pendiri aliran psikoanalisis dalam bidang ilmu psikologi. Menurut Freud, kehidupan jiwa memiliki tiga tingkatan kesadaran, yakni sadar (conscious), prasadar (preconscious), dan tak-sadar (unconscious).
Ulang Tahun ke-160 Sigmund Freud's, Penemu Ilmu Psikoanalisis
Freud's Theory of The Personality. /Dok. tiefenbrun10a.wikispaces.com

Konsep dari teori Freud yang paling terkenal adalah tentang pendapat-pendapatnya di bidang psikologi yang mengendalikan sebagian besar perilaku. Komponen kepribadian freud di rumuskan dalam tiga system penting yaitu, ego (Das Ich) , super ego (Das Uber Ich), dan kompleks Oedipus.


Selain itu, dia juga memberikan pernyataan bahwa perilaku manusia didasari pada hasrat seksualitas yang pada awalnya dirasakan oleh manusia semenjak kecil dari ibunya, seperti menyusui. Sebagai seorang ahli neurologi ia sering membantu masalah-masalah pasiennya seperti rasa takut yang irrasional, obsesi dan rasa cemas.

Teori-teori Freud serta caranya mengobati pasien menimbulkan kontroversi di Wina abad ke-19 dan masih diperdebatkan sengit hingga sekarang. Gagasan Freud biasanya dibahas dan dianalisa sebagai karya sastra, filsafat, dan budaya umum, selain sebagai debat yang berketerusan sebagai risalah ilmiah dan kedokteran ini.

Sigmund Freud's meninggal di Hampstead, Britania Raya, 23 September 1939 pada umur 83 tahun.

Source : Wikipedia
For SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *