Uang Seribu Kapitan Pattimura Langka! Mulai Diburu Kolektor

Uang pecahan seribu rupiah kertas bergambar depan kapitan Pattimura dan bergambar belakang Pulau Maitara dan Tidore sampai sekarang masih berlaku sebagai alat tukar pembayaran. Tetapi, sejak tahun 2014, uang seribu kertas sudah tidak dicetak dan kini mulai langka. Kendati tidak tergolong uang antik dan uang kuno. Namun oleh orang tertentu penyuka hal unik, uang pecahan seribu kertas terus diburu dan dihargai dua kali lipat. Bahkan, ada yang berani bayar sepuluh kali lipat untuk uang seribu rupiah yang masih baru dan mulus (selembar Rp. 1000 dibayar seharga Rp. 10.000).
Uang Seribu Kapitan Pattimura Langka! Mulai Diburu Kolektor
Uang kertas pecahan Rp. 1000 bergambar Kapitan Pattimura, mulai langka dan diburu kolektor. /Dok. TokoBuku24Jam

Keistimewaan uang kertas seribu rupiah bergambar Kapitan Pattimura karena “katanya” ini adalah uang kertas terakhir yang dicetak dengan nominal terkecil Rp. 1.000. Nantinya nominal terkecil uang kertas adalah Rp. 2000.


Saking langkanya uang seribu kertas. Kadang-kadang kondisi uang seribu tersebut sudah lusuh, lecek (berkerut-kerut), koyak, sobek, kotor, dan penuh coret-coretan. Tetapi, apa pun kondisinya cobalah tukar kepada kolektor yang suka dengan uang seribu kertas bergambar Kapitan Pattimura pasti dengan senang hati diterima kolektor. Sebab,uang seribu kertas memang lagi digandrungi dan diincar oleh para kolektor.
Uang Seribu Kapitan Pattimura Langka! Mulai Diburu Kolektor
Uang pecahan seribu kertas bergambar Kapitan Pattimura, bernomor seri, dilengkapi benang pengaman, dan gambar transparan diterawang Cut Nyat Mutia. /Dok. Wikipedia

Rp1.000 (dibaca: seribu rupiah) dan ditulis baku Rp1.000,00 adalah nilai nominal uang kertas yang dicetak sekitar tahun 2000-2013 dan sampai sekarang masih beredar secara resmi di seluruh Indonesia. Tahun 2014 Bank Indonesia tidak lagi mencetak uang kertas pecahan 1.000 rupiah. Entah karena alasan apa dan tidak diketahui dengan pasti penyebabnya.

Baca juga: Gambar-gambar Lucu pada Pecahan Uang Seribu

Uang pecahan seribu dicetak dan diterbitkan pertama kali tahun 1952 dengan gambar yang berbeda-beda. Keluaran terakhir tahun 2000 yang bergambar depan "Kapitan Pattimura" dengan gambar belakang Pulau Maitara dan Tidore.


Kalau kebetulan Anda punya uang kertas seribu yang masih baru dan mulus. Tinggal posting saja di media sosial. Pasti dalam sekejap dilirik oleh para kolektor dan siap-siap untuk bernegosiasi tawar-menawar harga yang pas. Selamat berburu uang seribu!

Penulis: Setiadi R. Saleh
Kutipan Favorit: "Seruan Sanubari"
Sumber: SeMedan.com

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *