Penyebab dan Cara Mencegah Kanker Payudara

Bagaimana seorang wanita dapat mengidap kanker payudara sampai sekarang belum dapat dipastikan. Banyak wanita yang menjalankan gaya hidup yang sehat tapi tetap saja bisa mengidap kanker payudara. Di sisi lain, banyak wanita dengan pola gaya hidup tidak sehat malah baik-baik saja dan jauh dari kanker.
Penyebab dan Cara Mencegah Kanker Payudara
Waspadai tanda-tanda kanker payudara. /Dok. www.nortongethealthy.com

Kanker payudara adalah kanker pada jaringan payudara.Ini adalah jenis kanker paling umum yang diderita kaum wanita. Kaum pria juga dapat terserang kanker payudara, walaupun kemungkinannya lebih kecil. Pengobatan yang paling lazim adalah dengan pembedahan dan jika perlu dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi.

Namun ada beberapa penyebab yang kemungkinan berkembangnya kanker payudara. Beberapa faktor penyebab kanker payudara dari faktor genetik tidak dapat di ubah, dan beberapa faktor lainnya dapat diubah untuk mencegah timbulnya kanker payudara ini.


Berikut penyebab kanker payudara dari faktor genetik dan faktor gaya hidup, penyebab bersifat perkiraan sehingga tidak mutlak untuk Anda khawatirkan. Kanker payudara hanya bisa dipastikan dengan pemeriksaan Mamogram serta pemeriksaan klinis atau pemeriksaan payudara mandiri.

Faktor Genetik

Usia
Semakin tua seorang wanita, semakin tinggi resikonya menderita kaker payudara. Wanita berusia 50-69 berada dalam kategori usia yang paling berisiko, terutama bagi mereka yang mengalami menopause terlambat.

Ras
Masalah ras mungkin perlu menjadi pertimbangan, dari data yang dihimpun dari National Breast Cancer, wanita “Bule” lebih banyak terkena jenis kanker payudara.

Menstruasi Dini
Jika anda telah mengalami menstruasi dini pada usia kurang dari 12 tahun, kemungkinan lebih tinggi terkena risiko kanker payudara. Faktor lain adalah tidak memiliki anak dan melahirkan di usia yang cukup tua menjadikan risiko terkena kanker payudara lebih besar.

Riwayat Keluarga
Seorang wanita dengan saudara perempuan, ibu atau anak perempuan menderita kanker payudara memiliki resiko dua kali lipat daripada yang tidak memiliki riwayat keluarga. Beberapa ahli medis menyebut kanker payudara ditularkan secara keturunan.

Riwayat Kesehatan Pribadi
Jika anda telah terdiagnosis terkena kanker payudara pada salah satu bagian payudara, maka kemungkinan besar faktor risiko akan meningkat pada payudara yang lain. Risiko juga sangat tinggi jika sebelumnya telah terdeteksi sel sel abnormal di sekitar payudara.

Penyebab Kanker Payudara Faktor Gaya Hidup

Kelebihan Berat Badan
Kegemukan atau obesitas meningkatkan resiko kanker payudara pada wanita pasca menopause sebesar 30%, ini terjadi karena adanya kelebihan lemak tubuh yang dapat meningkatkan kadar hormon estrogen dan insulin yang menjadi penyebab umum terjadinya kanker.

Konsumsi Alkohol
Semua wanita yang aktif mengkonsumsi alkohol perlu menyadari bahaya alkohol yang dapat memicu perkembangan sel tidak normal di dalam tubuh terutama di area payudara. Alkohol dapat meningkatkan resiko kanker payudara.

Implan Payudara
Implan sering ditanam dalam tubuh, tak terkecuali pada bagian payudara. Wanita yang menggunakan implan payudara dapat mempengaruhi terjadinya kanker payudara lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan yang tidak memakainya. Hal ini dikemukakan oleh para peneliti dari Kanada dilaporkan dalam BMJ (British Medical Journal) May 2013.

Menikah di Usia Tua
Wanita-wanita yang masih single atau pun mereka-mereka yang telah lama menikah tapi belum memiliki anak rentan terkena kanker payudara daripada wanita muda yang memiliki anak.

Hal ini kemungkinan berhubungan dengan pemberian ASI kepada bayi. Sejumlah peneliti menyebut bahwa aktifitas menyusui bayi menggunakan ASI dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita.

Pencegahan Kanker Payudara

  • Jangan konsumsi minuman beralkohol
  • Mengotrol berat badan
  • Olahraga secara teratur
  • Menghindari lingkungan yang terpapar bahan kimia
  • Menghindari menggunakan bra/bh yang ketat
  • Mengkonsumsi makanan yang bergizi, serat dan buah buahan yang kaya vitamin.
  • Menghindari penggunaan deodoran
  • Diet rendah lemak.
  • Menghindari bekerja pada malam hari.
  • Menghindari aborsi
  • Cepat nikah sebelum usia 30 tahun dan menyusui anak


Faktor-faktor penyebab kanker payudara di atas hanya bersifat indikator saja. Tetapi meskipun demikian menjalani gaya hidup sehat tentu tidak merugikan dan bahkan akan meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Tetap waspada dan deteksi dini kanker payudara, jika Anda melihat perubahan pada payudara Anda, seperti keluar cairan dari puting, benjolan atau perubahan bentuk kulit yang mengkerut segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Baca juga:
Indonesia Darurat Pemerkosaan dan Pelecehan Terhadap Wanita
Wanita Rentan Ditiduri Jin dan Cara Menghindari Gangguannya

Penulis: M. Sahidin
Disadur dari berbagai sumber di Internet
Sumber: SeMedan.com

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *