Jane Jacobs, Seorang Wartawan, Penulis, Aktivis dan Ahli Bidang Tata Kota

Mesin pencari Google menampilkan gambar seorang wanita berkacamata dengan berbagai gambar gedung sebuah perkotaan lengkap dengan jalan. Wanita berkacamata tersebut, seorang wartawan, penulis, aktivis dan ahli bidang tata kota. Walau dia disebut ahli tata kota, wanita ini tidak pernah mengenyam pendidikan formal di bidang tersebut. Dialah Jane Jacobs yang menjadi Google Doodle hari ini 04/Mei/2016.

Jane Jacobs, Seorang Wartawan, Penulis, Aktivis dan Ahli Bidang Tata Kota

Google menjadikannya sebagai tampilan Doodle hari ini untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-100. Dilansir dari berbagai, media Jane Jacobs terlahir Lahir pada 4 Mei 1916 di Scranton, Pennsylvania, Amerika. Dengan nama masa kecil Jane Butzner. Jane lalu menjadi salah satu ahli perencanaan kota yang paling populer di abad ke-20.

Keahlian wanita berkacamata itu diakui berdasarkan karyanya pada 1961 silam, yaitu The Death and Life of Great American Cities. Buku ini memperkenalkan berbagai ide besar tentang fungsi sebuah kota, evolusi dan kegagalannya, hingga berbagai hal yang kini jadi referensi para arsitek, perencana tata kota, politisi serta aktivis.


Pada awalnya, dia menjadi populer karena pekerjaanya sebagai seorang wartawan arsitektur di tahun 1950-an dan 1960-an. Dia lalu berhasil memimpin sebuah kampanye untuk menghentikan pembangunan jalan tol yang melewati Greenwich Village, sebuah desa penuh sejarah.

Jane kemudian menjadi salah satu tokoh penting dalam gerakan New Urbanism, gerakan yang mendorong pembentukan lingkungan berdasarkan apa yang dibutuhkan dan pentingnya peran penduduk lokal dalam mengembangkan kawasan yang mereka huni.

Pemikiran Jane Jacob akhirnya banyak diadopsi untuk menjadi bagian dari kebijakan tata kota di kota Toronto, tempat tinggalnya sejak tahun 1968. Jane Jacobs tutup usia diumur 89 tahun pada tanggal 25 April 2006 di Toronto, Kanada. Dan kini ia dikenal oleh masyarakat dunia. Hari ini adalah ulang tahunnya ke-100.

Source : Google.co.id
For SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *