Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, Hj. Sariani Amiraden Siregar telah berpulang ke Rahmatullah

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiun”, dunia pendidikan Tanah Air, khususnya Sumatera Utara berduka. Karena, seorang Tokoh Pendidikan yang juga sebagai Pendiri Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Hj. Sariani Amiraden Siregar (90 tahun), telah berpulang ke Rahmatullah, Minggu 1 Mei 2016, sekitar jam 11.00 WIB, di rumah duka Jalan Garu III No. 98 Medan.
Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, Hj. Sariani Amiraden Siregar telah berpulang ke Rahmatullah
Hj. Sariani Amiraden Siregar. /Dok. Dinamikarakyat.com

Untuk diketahui, Almarhumah Hj Sariani AS merupakan tokoh pendidikan yang memiliki sumbangsih besar dalam pendidikan di Indonesia, terutama di Provinsi Sumatera Utara. Alasannya, Almarhumah Hj. Sariani AS, merupakan satu-satunya Pendiri UISU yang terakhir menghadap Sang Khalik. Sedangkan, empat pendiri UISU sebelumnya, yakni, H. Bahrum Jamil, Adnan Benawi, Rivai Abdul Manaf dan Sabaruddin Ahmad lebih dahulu wafat.

Sekedar diketahui, Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) adalah Universitas pertama di luar Pulau Jawa, yang didirikan sekelompok Pemuda Islam yang ‘awam’ pendidikan tinggi, hanya lulusan SMA yang belum pernah kuliah. Bahkan diantaranya masih duduk di SMA. Kemudian oleh lima orang, UISU didirikan Alm. H. Bahrum Jamil, Alm. Adnan Benawi, Alm. Rivai Abdul Manaf, Alm. Sabaruddin Ahmad dan Alm. Sariani AS.

Iklan oleh Google

Pertumbuhan dan perkembangan UISU ini, tidak terlepas dari ‘belaian’ tangan Hj Sariani AS, sewaktu menjabat sebagai Ketua Umum Yayasan UISU, dan diakhir jabatannya sebagai Ketua Pembina Yayasan UISU, sebelum diamanahkan kepada Ketua Pembina Yayasan UISU T Hamdy Osman Delikhan Al Hajj, Ketua Yayasan UISU Prof Zainuddin dan Rektor UISU Prof Mhd Asaad, M.Si.

Jenazah Almarhumah Hj Sariani AS, yang memiliki sumbangsih besar dalam pendidikan di Indonesia, terutama di Provinsi Sumatera Utara ini disholatkan di Masjid Raya Al Mashun Jalan Sisingamangaraja, Medan, dan selanjutnya dikebumikan di areal Mesjid Raya.

For SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *