Gapura Taman Kebun Bunga Medan, Museum Tjong Yong Hian

Foto gapura Taman Kebun Bunga yang berada di Jalan Kejaksaan Medan ini adalah pintu masuk menuju makam Tjong Yong Hian (abang kandung Tjong A Fie). Sekarang makam Tjong Yong Hian dijadikan museum Tjong Yong Hian yang berhiaskan bunga-bunga cantik berwarna-warni nan menawan indah. Sejak dahulu, gapura Taman Kebun Bunga berwarna merah. Namun, sayangnya spanduk-spanduk iklan, kampanye, ucapan selamat, dan lain sebagainya, silih berganti menggantung tepat di depan pintu masuk Taman Kebun Bunga. Sehingga sepintas mengurangi estetika keindahan Taman Kebun Bunga.
Gapura Taman Kebun Bunga Medan, Museum Tjong Yong Hian
Gapura merah menuju Makam Tjong Yong Hian-Taman Kebun Bunga di Jalan Kejaksaan Medan. Sekarang makam Tjong Yong Hian kini menjadi museum. /Dok. Sumatera.Link

Mengenal sosok Tjong Yong Hian (1850-1911), abang kandung Tjong A Fie ini sangatlah menarik. Mengingat jika membahas sejarah Kota Medan, tentulah tidak dapat terlepas dari keterkaitan keluarga besar Tjong A Fie yang pada masa dahulu saudagar kaya yang murah hati.

Meski Tjong Yong Hian tidak sepopuler Tjong A Fie. Tetapi, antara Tjong A Fie dan Tjong Yong Hian memiliki jiwa filantropis, taipan, dan luwes di dalam pergaulan. Berkawan akrab dengan siapa saja dari berbagai bangsa mulai dari Belanda, Arab, India, dan Melayu.


Nama Tjong Yong Hian diabadikan sebagai nama sebuah jalan di Kota Medan. Sumbangsih Tjong bersaudara di bawah naungan Yayasan Belai Kasih  (Kie Sut Tiong) membangun Vihara Setia Budi (Kuan Tee Biao) Jalan Irian Barat Medan, Mesjid Raya Al-Mashun, Rumah Sakit di Belawan, Vihara Tian Hou, dan Mesjid Lama di Gang Bengkok.

Kerukunan masyarakat Tionghoa, India, Arab, Melayu, dan semua suku yang ada di Kota Medan sampai sekarang masih terjalin dengan baik. Hal ini tentu sangat positif sekali mengingat Kota Medan adalah gerbang utama, jalur penghubung Indonesia di sebelah barat dengan dunia internasional.

Dengan hadirnya museum Tjong Yong Hian, kita dapat belajar bagaimana dahulu semua etnis di Kota Medan bisa rukun dan saling dukung-mendukung bekerja sama membangun Kota Medan. Simbol kerukunan antar etnis dan bangsa-bangsa dari berbagai negara ini tercermin dalam “Jembatan Kebajikan.

Baca juga: Mengenal Tjong Yong Hian, Abang Kandung Tjong A Fie

Taman Kebun Bunga Medan, Museum Tjong Yong Hian



Penulis: Setiadi R. Saleh
Kutipan Favorit: "Seruan Sanubari"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *