Tips Sukses dari Li Kang-shing, Membeli Rumah dan Mobil Dalam Lima Tahun Bekerja

Apapun bisnis yang Anda tekuni hari ini, jika melakukan dengan penuh ketekunan dan kesabaran plus daya juang luar biasa, apapun pasti bisa dicapai. Banyak yang sudah membuktikan hal ini. Termasuk orang-orang yang kemudian dicap “beruntung”. Karena, sebenarnya, keberuntungan itu pastilah didapat oleh suatu sebab. Hal ini yang terjadi pada sosok konglomerat Hong Kong bernama Li Ka-shing. Pria-yang dalam daftar orang terkaya versi majalah Forbes Amerika.
Tips Sukses dari Li Kang-shing, Membeli Rumah dan Mobil Dalam Lima Tahun Bekerja
Li Ka-shing. Pria-yang dalam daftar orang terkaya versi majalah Forbes Amerika. /Dok. forbes.com

"Hidup itu bisa didesain. Karir bisa direncanakan. Kebahagiaan bisa dipersiapkan"

Prinsip tersebut adalah pegangan Li Ka-shing, orang terkaya di Asia yang memiliki kekayaan lebih dari 31 miliar dolar AS. Li mengajarkan cara agar kita bisa membeli rumah dan mobil pertama dalam lima tahun bekerja. Berikut tips dari Li seperti dilansir e27.co.


Li selalu membagi pendapatannya perbulan menjadi lima bagian. Untuk mempermudah membaginya, anggaplah Anda berpenghasilan empat juta rupiah perbulan. Bagilah penghasilan Anda menjadi 5 kelompok:

1. Biaya makan cukup 1.2 juta.

30 persen (1,2 juta rupiah) adalah anggaran biaya hidup, sudah termasuk biaya transportasi dan makan. Pagi hari sarapan dengan nasi, telur dan segelas susu. Makan siangnya juga biasa saja, bisa diselingi makanan ringan dan buah. Untuk makan malam usahakan masak sendiri, terdiri dari dua macam menu sayuran dan ditambah segelas susu sebelum tidur. Selagi masih muda, cara hidup sederhana seperti ini tidak akan jadi masalah karena tubuhmu masih kuat.

2. 800 ribu untuk hidup bersosial dengan teman-teman.

20 persen (800 ribu rupiah) adalah anggaran hidup bersosial Anda. Anggarkan 100 ribu rupiah untuk pulsa telepon, 100 ribu untuk kuota internet dan gunakan sisanya untuk mentraktir makan siang teman-temanmu, masing-masing 300 ribu rupiah. Pastikan Anda mentraktir orang-orang yang lebih pintar atau lebih kaya darimu, atau mereka yang punya manfaat membantu bisnis dan karir Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapat kesan baik di mata mereka sebagai orang baik plus murah hati dan tetap menjalin hubungan yang lebih baik.

3. 600 ribu untuk mengembangkan diri dalam pergaulan.

15 persen (600 ribu rupiah) untuk mengembangkan diri. Belilah buku dan ikuti seminar, kursus, workshop atau gathering. Selain bisa mendapat ilmu baru, juga bisa mendapat teman-teman baru yang satu pemikiran dan memiliki pandangan ke depan seperti Anda. Teman-teman seperti ini adalah teman yang susah dicari.

4. 400 ribu untuk liburan.

10 persen (400 ribu rupiah) angarkan untuk dana liburan. Minimal, kamu harus bisa jalan-jalan ke luar negeri sekali dalam setahun. Tak perlu liburan mewah, cukup ala backpacker karena tubuhmu masih kuat. Selain menyegarkan pikiran, liburan ala backpacker juga bisa membuka mata melihat dunia luar yang sebenarnya dan apa yang dibutuhkan oleh orang lain.

5. 1 juta untuk investasi berdagang.

25 persen (satu juta rupiah) gunakan untuk berdagang. Mulailah dari hal kecil, misalnya dengan membeli barang grosir untuk dijual secara eceran. Jika tidak laku, kerugian Anda tidak banyak. Tapi jika berhasil, keuntungan yang diperoleh bisa dipakai untuk investasi jangka panjang untuk Anda dan keluarga.


Bagaimana jika GAGAL?

Setelah berdoa, berjuang dan berusaha dalam setahun dan pendapatan gaji Anda masih empat juta rupiah, seharusnya Anda malu. Jika gaji di tahun kedua enam juta rupiah, Anda masih harus bekerja sangat keras dan waktunya kamu mencari pekerjaan tambahan. Mempelajari ilmu sales adalah cara yang paling cepat dan paling berguna sepanjang karir bisnis Anda. Semua pengusaha yang sukses adalah sales yang sukses karena bisa menjual mimpi dan visi mereka. Sekali Anda berada di dunia sales, Anda akan memahami dan memiliki intuisi untuk berdagang apa yang bisa dijual dan apa yang tidak bisa dijual.

Di tahun kedua, setidaknya penghasilan bulanan dari bisnis Anda harus 10 juta rupiah perbulan dan minimal enam juta rupiah, atau Anda akan bertambah miskin karena inflasi. Kurangi pengeluaran konsumtif, seperti pakaian dan sepatu, karena Anda bisa membelinya sampai puas, sesudah Anda Sukses dan kaya nanti. Jelaskan tujuan dan target pada keluarga agar mereka bisa memahami dan mendukung Anda.


Kesimpulan
Pertahankan kelima pembagian ini dan Anda akan mulai memiliki kelebihan uang dan meningkatkan rasa percaya diri Anda selanjutnya akan muncul muncul keberanian mencoba pengalaman baru dalam menjalan bisnis kecil. Saat belum punya cukup uang, jangan terlalu perhitungan dan berbagilah. Jadilah orang yang bermanfaat bagi orang lain. Saat kamu kaya, jangan terlalu boros.

Mulailah merencanakan dari sekarang dan jangan takut tidak nyaman dan menjadi miskin, karena Anda perlu belajar apa yang penting dan layak dijadikan investasi jangka panjang dalam hidup Anda dan keluarga, akan ada selalu dana yang cukup untuk kualitas hidup yang lebih baik dan terjamin.

Baca juga: Mengelola Keuangan Keluarga, Mengatasi Gaji pas-pas dan Tetap Bisa Menabung

Penulis: M. Sahidin
Referensi - Forbes, e27.co, merdeka.com
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *