Sumber Protein Khusus untuk Vegetarian

Seringkali kita kesulitan menentukan berapa jumlah protein tepat untuk tubuh kita setiap hari. Dan seringkali kita tidak mengetahui makanan apa saja yang menjadi sumber protein.
Sumber Protein Khusus untuk Vegetarian
Sumber Protein Khusus untuk Vegetarian. /Dok. internet

Dalam rangka meningkatkan kesadaran kesehatan dan gizi, dengan memperbanyak pengetahuan mengenai sumber-sumber protein akan banyak membantu. Khususnya bagi vegetarian, makanan non hewani adalah satu-satunya pilihan. Dan seperti yang kita tahu bahwa daging merupakan sumber protein terbaik yang paling mudah dicerna oleh tubuh kita. Namun, mereka yang menghindari daging harus mencari alternatif tepat dari tumbuh-tumbuhan.

Namun, anda tidak perlu khawatir karena, daging bukanlah satu-satunya sumber protein. Masih ada banyak makanan yang bisa menjadi sumber protein, diantaranya adalah sayur-sayuran.


Sayuran juga merupakan sumber protein yang baik walaupun rasionya mungkin tidak sebanding dengan daging. Akan tetapi apabila di konsumsi dalam jumlah yang cukup, sayuran bisa memenuhi kebutuhan protein harian.

Sumber protein untuk vegetarian

Beberapa alternatif berikut ini bisa anda ingat-ingat untuk dijadikan sebagai makanan sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sayuran hijau
Pernahkah anda bertanya-tanya mengapa ibu selalu menganjurkan kita untuk menghabiskan sayuran? Dan, bahkan tidak sedikit diantara mereka yang memaksa kita mengkonsumsi sayuran. Ada begitu banyak manfaat dari sayuran terutama yang berwarna hijau atau berdaun hijau. Salah satu kandungan yang dimilikinya adalah protein.

Sebagai seorang anak, kita membutuhkan banyak protein dalam rangka membantu pertumbuhan otot dan memberikan kekuatan tubuh. Dan jika anda adalah orang yang sudah dewasa, maka protein tersebut akan bermanfaat sebagai penunjang kesehatan.

Kacang polong
Kacang polong menawarkan banyak manfaat dan salah satunya adalah kandungan proteinnya sangat tinggi. Kacang polong merupakan sumber protein yang tepat bagi vegetarian.Kacang polong ini memiliki rasa yang manis saat baru dipetik dan masih segar, dan bisa dijadikan berbagai masakan.

Jagung
Alternatif lain yang bisa menjadi sumber protein untuk vegetarian adalah jagung manis. Saya yakin bahwa tidak sedikit dari anda yang menyukai rasa jagung manis entah itu dijadikan sebagai sayur atau pada saat dijadikan sebagai cemilan.
Rasanya nikmat, sangat cocok dikonsumsi pada siang hari atau pada saat dingin dan dijadikan teman minum teh.

Brokoli
Brokoli merupakan sayuran yang paling banyak manfaatnya dan berharga sedikit mahal. Namun terlepas dari itu semua, kandungan protein yang dimiliki oleh brokoli patut diperhitungkan sebagai sumber alternatif selain daging.
Pada saat anda membeli brokoli, pastikan anda membeli brokoli yang berwarna hijau gelap dan semakin gelap maka brokoli tersebut memiliki manfaat yang semakin baik.

Edamame
Edamame atau kacang kedelai adalah makanan lain sumber protein yang bisa kita andalkan. Kacang kedelai yang di goreng, direbus, dikukus atau dijadikan sebagai susu tetap bisa memberikan banyak manfaat khususnya protein.


Asparagus
Tanaman yang berbentuk panjang dan ramping ini merupakan sayuran sumber protein yang biasanya ditambahkan ke dalam sup atau mie dan nasi goreng.Walaupun dimasak secara sederhana, asparagus bisa menjadi alternatif makanan yang menyehatkan.

Jamur
Bagi anda yang sering kangen dengan rasa daging, anda bisa mencoba jamur karena rasanya akan mampu mengobati kerinduan anda akan aroma daging. Jamur biasanya kaya vitamin D. Namun disamping itu, jamur juga bisa menjadi sumber protein. Dikatakan bahwa 1 cangkir irisan jamur orang bisa memberikan kita sekitar 3.9 gram protein.

Baca juga:
Mengapa Menjadi Vegetarian Tubuh Lebih Sehat
Restoran Vegetarian di Medan dan Gaya Hidup Sehat

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *