Senang Berkendara Medan-Lubuk Pakam Via Batang Kuis Deli Serdang

Perjalanan dari Kota Medan menuju ibukota Deli Serdang-Lubuk Pakam dapat dilalui dengan melintasi Jalan Raya Medan-Lintas Sumatera. Tetapi, jalan tersebut merupakan jalan umum  yang sering dilewati banyak orang dan kendaraan dari berbagai tipe. Tentu saja, melewatinya lagi untuk yang kesekian kali sangat membosankan. Bagaimana jika ke Lubuk Pakam mengambil rute berbeda memilih perjalanan via Batang Kuis, Aras Kabu, dan Bakaran Batu.
Senang Berkendara Medan-Lubuk Pakam Via Batang Kuis Deli Serdang
Arah Jalan Batang Kuis-Lubuk Pakam, di depan BPP Balai Penyuluhan Batang Kuis. /Dok. Setiadi R. Saleh

Perlu diketahui, ada lima nama Jalan Batang Kuis yang tempat dan arahnya berbeda yaitu,  Jalan Batang Kuis, Jalan Medan---Batang Kuis, Jalan Batang Kuis---Pantai Labu, Jalan Batang Kuis---Lubuk Pakam, Jalan Batang Kuis---Bandara Kuala Namu. Kesemua jalan ini, kalau kata pepatah “buku bertemu ruas,” jalan manapun yang ditempuh akan “bertembungan” (berjumpa) satu sama lain.

Baca juga:
Selamat Jalan dari Kota Medan Menuju Kampung Kolam, Tembung
Rujak Buah Simpang Jodoh Sejak 1970, Pasar 7 Tembung


Tetapi, kalau melihat di peta tertulis nama Jalan Batang Kuis saja. Hal ini akan sangat membingungkan karena bisa tersasar ke tujuan yang keliru. Barulah setelah ditempuh dan dilalui ditemukan jawaban bahwa ada lima nama jalan yang memakai nama Batang Kuis.  Jalan Batang Kuis---Pantai Labu adalah jalan terpanjang di antara Jalan Batang Kuis lainnya.
Senang Berkendara Medan-Lubuk Pakam Via Batang Kuis Deli Serdang
Jalan Medan-Batang Kuis di persimpangan menuju Tembung kota, Sungai Rotan, Kampung Kolam. /Dok. Setiadi R. Saleh

Di antara kelima jalan Batang Kuis, ada satu jalan yang masih sepi. Kalau tidak ada nyali jangan coba-coba melewati Jalan Batang Kuis---Pantai Labu sendirian. Kendati sunyi senyap, Jalan Batang Kuis---Pantai Labu adalah jalan paling seru untuk ditempuh.

Sepanjang jalan jiwa terasa hampa seperti akan dituntun ke suatu tempat antah-berantah. Kalau hati hilang cahaya iman, langkah hidup tanpa pedoman dan pikiran kosong tentu tak akan selamat dalam berkendara. (Baca: Perjalanan Gila Seorang Diri, Pantai Putra Deli di Timur Sumatera).
Senang Berkendara Medan-Lubuk Pakam Via Batang Kuis Deli Serdang
Persimpangan arah Jalan Batang Kuis-Lubuk Pakam dan Jalan Batang Kuis-Bandara Kuala Namu. /Dok. Setiadi R. Saleh

Batang Kuis adalah nama kecamatan yang ada di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia yang secara geografis memiliki luas ± 40, 34 KM2. Kecamatan Batang Kuis terdiri dari 11 Desa, dan 72 Dusun. Prospek wilayah Batang Kuis kian maju terlebih sejak bandara KNIA (Kuala Namu International Airport) dibuka. Tahun 2008, Kecamatan Batang Kuis sempat menjadi juara sebagai kecamatan terbaik di Sumatera Utara.
Senang Berkendara Medan-Lubuk Pakam Via Batang Kuis Deli Serdang
Sebatang sungai di jembatan Jalan Batang Kuis-Lubuk Pakam memasuki Desa Aras Kabu Deli Serdang. /Dok. Setiadi R. Saleh

Setelah berkendara melewati hamparan sawah-sawah di Batang Kuis yang mulai tergerus oleh roda pembangunan properti. Sampailah di sebuah jembatan yang kata penduduk setempat di tepian sungai ada sebuah jalan yang mengarah ke Muara Indah, Pesisir Laut Pantai Timur Sumatera. Muara Indah sejalur dengan Pantai Putra Deli, Pantai Labu.


Tetapi, bijak-bijaklah dalam mencerna perkataan antara “arah” dengan “tempat” yang ingin dituju. Sebab, kalau bertanya arah itu berarti masih jauh lagi dari tujuan. Hal ini berdasarkan pengalaman ketika menuju Pantai Putra Deli via rute Batang Kuis---Pantai Labu melewati Dusun Pematang Biara dan Rugemuk.

Hikmah perjalanan kali ini menuju Lubuk Pakam via Batang Kuis adalah saat berpergian jangan ragu-ragu nanti juga akan bertemu dengan yang dituju. Salah arah itu lumrah, nyasar itu membuat pikiran segar. Berkendara menuju Lubuk Pakam via Batang Kuis adalah pengalaman manis yang sangat menyenangkan.

Baca juga : Pantai Putra Deli di Pantai Labu, Lubuk Pakam Deli Serdang

Penulis: Setiadi R. Saleh
Kutipan Favorit: "Seruan Sanubari"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *