Kuala Namu International Airport, 39 KM dari Kota Medan

Kuala Namu Interational Airport (KNIA) berjarak 39 kilometer dari Kota Medan. Bandara Kuala Namu berada di Kampung atau Desa Kuala Namu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang dengan ibukotanya Lubuk Pakam. Sebagai sebuah kampung, Kuala Namu adalah kampung yang paling kaya di Provinsi Sumatera Utara karena memiliki bandar udara dan landasan pacu pesawat terbang berkelas internasional.
Kuala Namu International Airport, 39 KM dari Kota Medan
Kuala Namu Internasional Airport dan Stasiun Kereta Api Bandara. Bangunan bandara berwarna abu-abu dan tidak memiliki ciri khas sama sekali. Di dalam bandara tersimpan replika bangunan Istana Kesultanan Serdang yang megah dan ini sebernarnya bisa menjadi inspirasi untuk membuat bangunan bandara seperti Istana Sultan Serdang dengan ciri khas warna kuning-hijau dan motif Melayu. Mengingat Kuala Namu berada di Kab. Deli Serdang. /Dok. Setiadi R. Saleh

Bandara Kuala Namu adalah bandara kedua terbesar di Indonesia setelah Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dan beroperasi sejak 2013 menggantikan Polonia. KNIA terus melakukan pembenahan infrastruktur fasilitas penunjang dari dan menuju ke bandara.

Sejak Bandara Kuala Namu dibuka, laju pertumbuhan di sekitar Kuala Namu meningkat. Harga-harga tanah dengan cepat melambung tinggi dengan alasan dekat dengan bandara. Tidak tau pasti barometer sedekat dan sejauh apa jarak ke bandara, tetapi alasan “dekat” dengan bandara bisa menyebabkan harga tanah lebih tinggi dari harga jual rata-rata.


Kota-kota terdekat dari Kuala Namu seperti Kecamatan Beringin di Pantai Labu, Lubuk Pakam, Tanjung Morawa, Batang Kuis, Tembung Kota adalah yang paling terasa mengalami percepatan pertumbuhan ekonomi. Gedung-gedung mulai dibangun, properti dan ruko-ruko mulai menjamur, dan tersedia rest area yang menawarkan aneka macam pilihan kuliner mulai modern sampai tradisional seperti makanan khas Medan: mie sop kampung dan soto santan toge berbahan babat daging sapi atau lembu.
Kuala Namu International Airport, 39 KM dari Kota Medan
Hub Kuala Namu Commercial Bizpark adalah bangunan baru sebelum memasuki pintu tol bandara internasional Kuala Namu. Di sekitar Commercial Bizpark terdapat sejumlah warung tradisional, fried chicken, restoran Padang, mie sop dan soto Medan, bensin eceran, ojek bandara, pulsa, door smeer. Tempat ini semacam rest area yang digunakan untuk singgah untuk kemudian kembali melanjutkan perjalanan. /Dok. Setiadi R. Saleh

Akses mudah menuju bandara Kuala Namu dimanfaatkan sebagian warga Kota Medan untuk rekreasi wisata murah jalan-jalan melihat pesawat landing dan take-off. Tidak jauh dari bandara Kuala Namu terdapat empat wisata laut seperti Pantai Putra Deli, Pantai Ancol, Pantai Serambi Deli, dan Pantai Muara Indah. Pelancong umumnya suka ke Pantai Putra Deli karena bisa melihat pesawat terbang landing dan take-off, seakan “mendarat” di laut pesisir Pantai Timur Sumatera.
Kuala Namu International Airport, 39 KM dari Kota Medan
Sebelum masuk pintu tol bandara,  terdapat jalan tol baru menuju Medan–Kuala Namu–Tebing Tinggi. /Dok. Setiadi R. Saleh

Adapun jalan menuju Kuala Namu International Airport (KNIA). Bisa ditempuh dari jalan besar Tanjung Morawa, Lubuk Pakam atau dari sub urban Kota Medan melalui Jalan Medan---Batang Kuis.  Selain menggunakan angkutan pribadi atau rental, tersedia angkutan umum, bus, dan kereta api langsung dari Medan---Kuala Namu pulang-pergi.
Kuala Namu International Airport, 39 KM dari Kota Medan
Pintu masuk tol Bandara Kuala Namu sesuai jenis kendaraan seperti sepeda motor, mobil, truk, bus. Meski sudah ada tanda larangan stop, nyatanya di spot inilah orang paling banyak berfoto dengan latar belakang tulisan Kualanamu International Airport. Dan entah kenapa tulisan Kualanamu (disatukan) harusnya Kuala Namu (dipisah). /Dok. Setiadi R. Saleh

Setelah mengambil tiket di pintu tol bandara. Perjalanan mendekati bandara terdapat pemandangan menarik berupa kereta api perawatan atau MMT (Mobile Maintenance Train).
Kuala Namu International Airport, 39 KM dari Kota Medan
Mobil Maintenance Train berfungsi sebagai pengecekan keamanan rel dan perawatan jalur kereta api. Dilihat dari jalan tol bandara, kereta api perawatan ini seperti mainan dengan dikelilingi pokok-pokok cemara yang hijau. /Dok. Setiadi R. Saleh


Seiring dengan percepatan infrastruktur di Provinsi Sumatera Utara dalam menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Maka, semua akses jalan dari dan menuju ke bandara Kuala Namu harus dibuat cepat dan mudah. Tujuannya agar satu kota dengan kota-kota lainnya di Sumatera Utara saling terhubung.
Kuala Namu International Airport, 39 KM dari Kota Medan
Kondisi terakhir railway di Bandara Kuala Namu memasuki tahap pengembangan pembuatan rel kereta api jalur ganda yang nantinya terhubung sampai ke Stasiun Besar Kota Medan./Dok. Setiadi R. Saleh

Kuala Namu International Airport yang berada di Kampung Kuala Namu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang dan berjarak 39 KM dari Kota Medan. Kini dapat ditempuh dalam sekejap mata. Mantap!

Baca juga: Project Profile Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi

Kuala Namu International Airport 2013


Penulis: Setiadi R. Saleh
Kutipan Favorit: "Seruan Sanubari"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *