Google Doodle Peringati "Tour of Flanders" ke 100, Ajang Balap Sepeda Tahunan di Belgia

Google hari ini merayakan gelaran balap sepeda  Tour of Flanders ke-100, yang merupakan gelaran balap bersepeda yang rutin digelar di Belgia setiap musim semi. Tepat hari ini, Minggu (3/4/2016), mesin pencari Google Doodle menampilkan gambar yang mendeskripsikan gelaran tersebut.
Google Doodle Peringati "Tour of Flanders" ke 100, Ajang Balap Sepeda Tahunan di Belgia
Google Doodle Peringati Tour of Flanders ke 100. /Dok. Google.com

Bila hari ini Anda membuka halaman www.google.co.id atau www.google.com, logo Doodle menampilkan ajang Tour of Flanders. Tour Flanders ini pun telah menjadi bagian dari sejarah terkenal UCI World Tour dan sangat penting bagi Flanders.

Menurut cacatan sejarah, Tour of Flanders ini digagas pertama kali oleh Karel Van Wijnendaele yang mendirikan koran olahraga Sportwereld dan digelar pada tahun 1913. Pada masa itu, balap sepeda ini sebenarnya event para awak media untuk mempublikasikan koran masing-masing untuk meningkatkan sirkulasi.


Tour of Flanders sendiri dalam bahasa Belanda disebut sebagai Ronde van Vlaanderen, atau juga dikenal sebagai De Ronde atau 'The Tour', yaitu sebuah lomba balap sepeda klasik tahunan yang sejak dahulu diselenggarakan di Belgia.

Sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, ajang balap sepeda ini dimulai dari Bruges dan berakhir di Oudenaarde. Dengan total jarak tempuh 255 kilometer yang terdapat 7 area datar dan 18 kategori area tanjakan.

Penulis: M. Sahidin
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *