Cara Memanfaatkan Minyak Kelapa untuk Kesehatan

Ada banyak hal yang bisa kita gunakan untuk mengeluarkan berbagai jenis mikroba maupun racun dari mulut dan tenggorokan. Pada zaman dahulu, detoksifikasi sering dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Proses ini seringkali melibatkan beberapa sendok teh minyak kelapa untuk digunakan sebagai obat kumur. Berkumur menggunakan minyak kelapa selama 15 hingga 20 menit akan memberikan banyak manfaat. Terlebih jika dilakukan setiap pagi. Berbagai isu atau masalah mulut seperti gangguan pada gusi dan lain-lain bisa diatasi dengan berkumur menggunakan minyak kelapa.
Cara Memanfaatkan Minyak Kelapa untuk Kesehatan
Manfaat kesehatan yang luar biasa dari minyak kelapa. /Dok. internet

Meskipun ada alternatif lain, tentu ada alasan tertentu mengapa kita dianjurkan untuk memanfaatkan minyak kelapa.

Secara khusus, minyak yang berasal dari kelapa bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan yang seringkali tidak kita sadari. Minyak yang kaya anti inflamasi dan antimikroba ini bisa dimanfaatkan secara eksternal untuk kulit dengan tujuan kecantikan maupun secara internal untuk menyembuhkan berbagai penyakit.


Minyak kelapa untuk Kesehatan

Agar lebih meyakinkan, berikut adalah beberapa cara memanfaatkan minyak kelapa untuk detoksifikasi atau untuk meningkatkan kualitas kesehatan.

Mengatasi bau nafas
Bau mulut, terutama yang disebabkan oleh berbagai bakteri dan bahan kimia sebenarnya bisa diatasi dengan menggunakan minyak kelapa. Minyak ini akan menarik atau membilas mulut sehingga dapat menyingkirkan bau yang tidak sedap tersebut.

Mencegah kerusakan gigi
Minyak kelapa memiliki potensi yang sangat baik untuk mencegah beberapa masalah gigi dan gusi seperti radang gusi, gusi berdarah, gigi berlubang, dan penyakit gusi lainnya. Hal tersebut tidak lepas dari adanya sifat anti-inflamasi pada minyak kelapa yang bisa mencegah berbagai masalah tersebut.

Mengatasi nyeri rahang
Minyak juga bisa bermanfaat untuk kesehatan rahang terutama dalam mencegah nyeri. Apabila sering digunakan untuk berkumur, minyak ini secara bertahap akan mengurangi dan meredakan rasa nyeri pada rahang.

Whitening agent untuk gigi
Jika anda ingin memiliki gigi yang tampak putih dan bersih, sudah saatnya anda beralih menggunakan minyak kelapa. Dikatakan bahwa minyak kelapa memiliki efek yang lebih baik dibandingkan dengan berbagai pembersih mulut yang mengandung bahan kimia.

Memberikan kesehatan pada kulit
Selain digunakan secara internal, minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan secara eksternal. Minyak ini akan membantu menghilangkan racun dan menjaga kulit tetap sehat. Selain itu, minyak kelapa juga akan membuat kulit menjadi lebih halus.


Menyembuhkan sakit kepala
Ketika anda mengalami sakit kepala dan tidak mengetahui apa penyebabnya, anda bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk menetralkan racun di dalam sistem tubuh anda.

Untuk detoksifikasi
Sadar atau tidak, ada banyak bakteri yang berada di dalam mulut. Tidak hanya itu, berbagai virus, parasit dan jamur juga terkadang berkembang di mulut kita. Mikroorganisme tersebut menciptakan berbagai racun yang dapat memicu masalah kesehatan.

Untuk menghindari berbagai masalah kesehatan tersebut, anda bisa memanfaatkan minyak murni kelapa untuk mengatasinya.

Baca juga:
Cara Terbaik Menenangkan Diri saat Stress
Cara Stress Mempengaruhi Kesehatan
Cara Sederhana Mengatasi Sakit Perut
Cara Menyeimbangkan Hormon Adrenalin
Cara Memberikan Pertolongan Pertama yang Harus Anda Ketahui
Cara Memanfaatkan OlahRaga Sebagai Obat

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *