Tips Mengikuti Training dengan Maksimal

Kantor tempat Anda bekerja memilih anda untuk mengikuti training? Itu kabar bagus! Itu artinya anda mendapatkan kepercayaan dari kantor. Jangan sia-siakan itu. Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari training yang kita ikuti.
Tips Mengikuti Training dengan Maksimal
Tips Mengikuti Training dengan Maksimal. /Dok. Internet

Buatlah catatan

Notebook biasanya disediakan di meja kita beserta pensil atau pulpen. Manfaatkan saja. Apakah itu berarti anda harus melihat tulisan anda kembali nantinya? Tidak harus. Menulis akan membantu organisasi pikiran kita untuk pemahaman lebih baik. Itu intinya.

Tulislah beberapa poin penting yang biasanya disebutkan pembicara di akhir sesi-sebelum coffee, lunch break atau akhir acara. Carilah kalimat yang diucapkan dengan tekanan atau jeda setelahnya. Bisa juga kita mencatat pesan dari video yang diputar.


Untuk bagan atau tabel di powerpoint, mungkin akan tidak banyak waktu untuk kita manfaatkan mencatatnya. Keluarkan saja smartphone anda. Jepret sana, jepret sini, dan bisa anda zoom di tempat duduk anda yang mungkin jauh dari layar. Oia, tanyakan juga kemungkinan mendapatkan slide pembicara lewat email nantinya.

Jika tidak, kenalkan diri kita ke pembicara setelah presentasi. Pujilah dia. Lalu katakanlah kalau anda harus me-share isi presentasi yang hebat ini. Lalu bertanyalah apakah presenter bersedia membagikannya lewat email beberapa hari setelah acara selesai. Biasanya boleh. Dan mintalah foto dengan si presenter untuk nanti anda kirimkan lewat email sembari ‘menagih’ janjinya mengirimkan handout training. Jika usaha anda mentok, setelah acara, kunjugi website perusahaan itu. Ada summary yang biasanya ditulis disana.

Duduklah berpencar

Secara psikologi, kita akan merasa ‘aman’ apabila kita dikelilingi teman-teman kita. Tetapi mengikuti training pada dasarnya merubah kita dari comfort zone kita untuk lebih maju. Ambilah resiko itu. Duduklah berpencar. Apabila ada rasa sungkan, datanglah terlebih dulu dan pilih meja yang sudah akan segera penuh. Atau sebaliknya, datanglah mepet waktu.

Dengan berada di lingkungan yang berbeda, anda akan merasa bertanggung jawab terhadap anda sendiri. Berapa banyak yang anda dapatkan hari ini adalah pilihan anda. Don’t worry, anda tidak akan terlantar begitu saja. Teman anda bisa dihubungi lewat aplikasi chatting, kan?


Networking

Masih berhubungan dengan poin kedua, anda akan mendapatkan kenalan baru. Kenalan itu bisa saja membukakan pintu lebar utuk anda maju. Jika anda orang yang malu-malu, tidak perlu berusaha banyak juga. Senyum. Bahasa universal itu akan mengurus semuanya. Tunggu saja pertanyaan dari orang-orang yang lebih aktif dari anda. Apabila ada kartu nama, lakukanlah pertukaran.

Apabila anda tidak nyaman, mulailah dengan email. Ketika berhasil, anda akan merasakan hasil dari networking itu. Apabila manfaatnya tidak terasa secara langsung, paling tidak ketika anda kembali ke teman-teman anda, ada hal baru yang bisa anda omongkan.

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *