Rahasia dan Manfaat Seledri untuk Kesehatan

Seledri adalah salah satu jenis sayuran yang sangat terkenal. Selain bisa mempengaruhi rasa dan aroma, seledri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan apabila dikonsumsi. Para ahli kesehatan sepakat bahwa sayuran berdaun hijau merupakan obat untuk berbagai masalah penyakit seperti rematik, asma, gangguan pencernaan dan lain-lain.
Rahasia dan Manfaat Seledri untuk Kesehatan
Rahasia dan Manfaat Seledri untuk Kesehatan. /Dok. earthfoods.info

Seledri banyak mengandung vitamin mulai dari vitamin A, B1, B2, B3, B6 vitamin C, E dan K. Jadi tidak heran, apabila tanaman yang sering di tanam di pekarangan ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh secara alami.

Selain batangnya, daunnya juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan kecerahan warna kulit serta membantu mengeluarkan racun dari tubuh.


Agar lebih lengkap, berikut adalah beberapa ulasan mengenai seledri yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

1. Seledri meningkatkan metabolisme
Seperti telah disebut sebelumnya bahwa, seledri banyak mengandung vitamin. Apabila dijadikan sebagai jus, seledri bisa membantu meningkatkan metabolisme seseorang. Para ahli menyarankan kepada anda untuk mengkonsumsi seledri sesaat sebelum tidur dengan menjadikannya sebagai jus. Segelas jus seledri akan memberikan dampak yang signifikan terhadap kesehatan dan akan membuat anda menjadi lebih aktif serta lebih segar di keesokan harinya.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Seledri kaya akan vitamin A, vitamin B6, vitamin B12, vitamin E, vitamin D, E, dan vitamin K. Selain itu, kandungan lain yang dimiliki oleh seledri adalah thiamin, riboflavin, asam folat dan serat. Apabila dikonsumsi secara rutin, tanaman ini akan memberikan kita meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Menurunkan berat badan
Seledri rendah kalori dan kaya serat. Selain bisa meningkatkan kekebalan tubuh, seledri juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Tidak sedikit mereka yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat sengaja memanfaatkan seledri.

4. Lebih baik untuk sirkulasi darah
Apabila dikonsumsi secara teratur, seledri bisa membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Sayuran ini mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan sirkulasi darah apabila dijadikan sebagai jus.

5. Seledri baik untuk sendi
Bagi anda yang menderita nyeri sendi, cobalah mengkonsumsi jus seledri agar mineral yang ada di dalamnya bisa membantu anda mengatasi berbagai masalah sendiri seperti arthritis maupun gout.

6. Seledri membuat tidur lebih baik
Manfaat seledri selanjutnya untuk kesehatan adalah meningkatkan kualitas tidur. Ketika anda mengkonsumsinya di malam hari, tidur anda akan menjadi lebih banyak sehingga keesokan paginya anda bisa bangun dengan lebih segar.


Salah satu manfaat dari seledri adalah membuat kita lebih mudah ngantuk sehingga bagi anda yang kesulitan tidur atau mengalami insomnia tidak ada salahnya mencoba jus seledri.

7. Lebih baik untuk jantung
Kandungan vitamin C, kandungan serat dan bahan kimia organik lainnya yang ada di dalam seledri bisa mempromosikan kesehatan jantung. Dan pada gilirannya akan meningkatkan kekebalan tubuh.

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *