Kebiasaan Baik dan Kebiasaan Buruk untuk Kesehatan

Saya yakin bahwa kita semua ingin memiliki gaya hidup sehat. Oleh sebab itu, kita selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi tubuh kita.Entah itu dengan rutin bergerak atau rajin mengkonsumsi makanan-makanan tertentu yang dianggap sehat. Ini merupakan salah satu cara yang memang sering dijalani. Namun terkadang tanpa sadar,entah itu karena kesibukan atau yang lainnya, kita sering mengabaikan kebiasaan-kebiasaan baik.
Kebiasaan Baik dan Kebiasaan Buruk untuk Kesehatan
Kebiasaan Baik dan Kebiasaan Buruk untuk Kesehatan. /Dok. www.calmclinic.com

Mungkin hingga saat ini, Anda masih memiliki banyak kebiasaan buruk yang perlu dirubah menjadi kebiasaan sehat yang akan mempengaruhi hidup anda saat ini dan dimasa yang akan datang.

Kebiasaan Buruk dan Kebiasaan Baik untuk Kesehatan

Apabila anda ingin mengetahui beberapa kebiasaan buruk dan kebiasaan baik yang sering kita lakukan setiap hari, diantaranya adalah.


Menyikat gigi setelah makan
Kebiasaan buruk menyikat gigi sesaat setelah makan terutama saat anda mengkonsumsi makanan-makanan asam atau kecut seperti buah jeruk, hal tersebut justru merugikan karena bisa mengikis enamel gigi dan membuat gigi menjadi sensitif.

Jadi, cobalah untuk menyikat gigi setidaknya setengah jam atau satu jam setelah makan.

Jika anda mengkonsumsi air jeruk, ada baiknya anda menggunakan sedotan agar gigi tidak menjadi mudah rusak dan lemah.

Sabun muka
Beberapa orang terkadang menggunakan sabun anti bakteri untuk membersihkan muka. Kebiasaan tersebut tentu saja tidak baik. Karena sabun antibakteri biasanya sangat keras sehingga bisa menyebabkan kulit muka menjadi kasar, berminyak dan cepat tua.

Oleh sebab itu, dianjurkan untuk memilih sabun yang memang khusus diformulasikan untuk jenis kulit yang anda miliki dan pilihlah sabun yang tidak terlalu keras.

Mencuci muka setiap sebelum tidur adalah kebiasaan baik yang tidak boleh anda lupakan.Namun, memilih sabun yang salah akan membuat hal tersebut menjadi kebiasaan buruk.

Sering ngemil
Mengkonsumsi makanan ringan atau ngemil pada saat-saat tertentu, seperti pada siang hari maupun sore hari sebenarnya tidak dilarang karena tubuh masih bergerak sehingga energi yang dihasilkan oleh makanan tersebut banyak yang dibakar.

Namun ngemil bisa menjadi kebiasaan buruk apabila dilakukan pada malam hari terutama menjelang tidur dan setelah anda mengkonsumsi makanan utama.

Latihan terus-menerus
Berolahraga atau latihan memang sangat dianjurkan untuk mempertahankan berat badan dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Akan tetapi latihan secara continue dengan beban berat tidak dianjurkan.

Anda harus tahu bahwa otot membutuhkan setidaknya satu hari untuk pulih sebelum anda melakukan latihan yang sama. Jadi, melatih otot yang sama dua hari berturut-turut tidak dianjurkan.

Suplemen
Suplemen bisa membantu kita apabila kekurangan vitamin atau nutrisi tertentu.Akan tetapi, bergantung pada suplemen saja tanpa mengkonsumsi makanan sehat tentu tidak baik dan memiliki banyak efek samping.

Jadi pintar-pintarlah memanfaatkan suplemen sebagai makanan pendamping atau pelengkap saja.


Tidur
Tidur merupakan bagian dari hidup kita yang harus dijalani. Tidur dan beristirahat cukup setiap hari sangat dianjurkan untuk menghindari stres, tekanan darah tinggi dan untuk berbagai penyakit lainnya. Namun, tidur bukan lagi kebiasaan baik apabila dilakukan secara berlebihan. Tidur terlalu lama akan menyebabkan anda lemas dan kurang bergairah.

Minum air
Hampir setiap hari ahli kesehatan akan menganjurkan setiap orang untuk minum air setidaknya 6-8 gelas, atau lebih untuk mereka yang beraktifitas lebih berat.

Namun, mengkonsumsi air tidak lagi menghasilkan sesuatu yang sehat atau akan menjadi sebuah kebiasaan buruk apabila anda sering mengandalkan air kemasan botol atau softdrink. Terlebih, beberapa ahli masih memperdebatkan manfaat air yang ada di dalam kemasan (botol).

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *