Jika Kedua Orangtua Bekerja, Haruskah Anak Dititipkan di Tempat Penitipan Anak?

Mencari tempat penitipan anak yang sesuai “kata hati” dan memercayakan sepenuhnya si buah hati kepada pengasuh tentu tidak mudah. Di satu sisi jika anak tidak dititipkan, tidak ada yang menjaga dan mengurus kebutuhan sehari-hari. Berada dalam kondisi seperti ini membuat orangtua berada di antara pilihan yang sulit dan dan pilihan yang benar.
Jika Kedua Orangtua Bekerja, Haruskah Anak Dititipkan di Tempat Penitipan Anak?
Bagian depan tempat penitipan anak Almira Daycare dihiasi gambar bernuansa Islami. Almira Daycare berada di Komplek Griya Raihan Blok No. 4 Jl. Puskesmas II/Jl. Amal Medan.  HP. 081217623570/08126564360. /Dok. Almira Daycare

Pilihan yang sulit adalah jika orangtua sama-sama bekerja. Salah satu terpaksa mengalah dan berhenti kerja. Dampaknya, penghasilan akan berkurang sementara kebutuhan hidup, bukannya berkurang malah semakin menjulang. Benar-benar dilema dan serba salah.

Sedangkan pilihan yang benar, idealnya penghasilan suami mesti memadai. Ibu tidak harus bekerja dan harus total mengurus anak dan mengelola rumah tangga. Tetapi “Life is never flat,” hidup tidak pernah rata dan linier. Sesekali, kebutuhan hidup meningkat dan memotivasi kedua orangtua harus bekerja demi terpenuhi kebutuhan si buah hati.


Pilihan lain, jika anak dititipkan kepada pembantu. Orangtua khawatir anak terdidik dengan gaya pembantu yang umumnya berlatar belakang rendah. Mengajari anak bukan pada kapasitasnya seperti mengajari lagu dangdut koplo dengan joged seronok atau mengajari bahasa dan tutur kata yang kurang pantas diucapkan anak kecil. Ini bukan prasangka kepada pembantu, tetapi pada umumnya demikian yang terjadi.

Tambahan lagi, orangtua akan was-was meninggalkan anak seorang diri dengan pembantu. Sekalipun rumah sudah dilengkapi CCTV, namun rasa khawatir tersebut pasti muncul dalam benak orangtua. Mengingat, zaman sekarang pembantu bekerja bukan atas dasar “welas asih” melainkan materi. Sederetan kasus pembantu aniaya anak majikan menjadi rambu-rambu agar hati-hati memilih pembantu. Sekalipun kita sanggup menggaji pembantu. Faktanya, cari pembantu itu tidak mudah. (Baca Juga: Susahnya Cari Pembantu, Baby Sitter‎, dan Penitipan Anak).

Oleh karena itu, Almira Daycare menawarkan solusi terbaik dengan menyediakan tempat penitipan anak Islami dan profesional seperti ruangan ber-AC, kelas bersih, ruang bermain bersih, tempat belajar nyaman, tidak berbatas jalan raya sehingga anak-anak bermain dengan aman tanpa khawatir sepeda motor atau mobil yang melaju kencang lalu-lalang.
Jika Kedua Orangtua Bekerja, Haruskah Anak Dititipkan di Tempat Penitipan Anak?
Anak-anak didik secara rutin belajar dan diasuh oleh guru-guru berpengalaman. Almira Daycare memiliki sejumlah program  harian dari pagi sampai sore. Anak-anak diberi kesempatan beristirahat yang cukup sehingga tidak mudah lelah dan jenuh. /Dok. Almira Daycare

Dewasa ini banyak orangtua yang membutuhkan tempat penitipan anak yang profesional dan cukup baik bagi anak-anak mereka. Jalan terbaik menemukan tempat penitipan anak (daycare) yang sesuai selera, tentu dengan cara mendatangi langsung dan melihat sendiri seperti apa dan bagaimana tempat penitipan anak tersebut.

Menurut Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sebagaimana dilansir media cetak dan media online tentang penitipan anak (daycare) yang aman dan bisa dipercaya adalah sebagai berikut:

  • Daycare harus ramah anak. Cirinya tidak berlokasi di pinggir jalan raya dan harus berpagar supaya aman.
  • Pilih tempat penitipan yang area bermainnya luas. Alat permainannya bersih.
  • Sebanding antara rasio pengasuh dengan anak yang dititipkan.
  • Pengasuh memiliki keterampilan berkomunikasi dengan baik kepada anak.
  • Daycare menyediakan makanan bersih dan sehat.

Ditinjau dari standar KPAI dalam memilih tempat penitipan anak yang bisa dipercaya. Almira daycare memenuhi semuanya. (Baca juga: Profil Almira Daycare, Tempat Penitipan Anak Islami di Kota Medan)


Keunggulan anak yang dititipkan di Almira Daycare dengan rentang usia antara 0-5 tahun yakni, selain diasuh dan dijaga, anak-anak mendapatkan pembelajaran dasar belajar membaca, berhitung, dan Iqra. Tersedia taman bermain dan belajar anak Islami dilengkapi alat peraga atraktif dan edukatif sehingga anak-anak menjadi kreatif. Almira Daycare sangat membantu anak-anak usia dini, pra-sekolah dalam menumbuh-kembangkan kepercayaan diri dan bakat alami anak-anak.

Tempat penitipan anak Islami, Almira Daycare Medan sangat terbuka dalam melayani informasi yang dibutuhkan orangtua anak. Bagi orangtua yang ingin menitipkan anak diperkenankan melihat langsung ke lokasi. Tujuannya agar orangtua memiliki gambaran tentang apa dan bagaimana daycare berbasis Islami tersebut. Insya Allah berkah.

Baca jugaAlmira Daycare, Tempat Penitipan Anak (Taman Bermain & Belajar Anak Islami) di Kota Medan

Penulis: Setiadi R. Saleh
Kutipan Favorit: "Seruan Sanubari"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *