Cara Stres Mempengaruhi Kesehatan

Sebagian besar dari kita sudah mengetahui bagaimana stres mempengaruhi kesehatan. Akan tetapi, tetap saja kita merasa sulit untuk mengelola stres dalam kehidupan sehari-hari kita yang penuh dengan tantangan, penuh dengan tekanan dan persaingan yang sangat ketat.
Cara Stres Mempengaruhi Kesehatan
sehari-hari kita yang penuh dengan tantangan, penuh dengan tekanan dan persaingan yang sangat ketat. /Dok. www.mannaplus.co.za

Apakah anda sudah tahu bahwa stres secara bertahap bisa membuat seseorang menjadi pecandu bila dibiarkan terus menerus?

Menghilangkan stres melalui beberapa metode yang sehat seperti berolahraga atau dengan pergi berlibur akan sangat baik. Sebelum stres membuat anda lari pada hal-hal yang tidak baik dan tidak sehat, lebih baik anda mengetahui bagaimana cara mengelola stres dengan cara yang sehat agar tidak menyesal di kemudian hari.


Anda tidak perlu menjadi seorang ahli untuk bisa manajemen stress. Anda hanya perlu latihan dan membiasakan diri.

Cara stres mempengaruhi kesehatan

Bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara stres mempengaruhi kesehatan, berikut adalah beberapa diantaranya.

Banyak makan
Beberapa diantara kita akan mencoba mengurangi stres dengan makan dalam jumlah yang banyak. Karena rasa lezat yang dikecap oleh lidah bisa membantu mengalihkan perhatian. Hal ini kemudian menyebabkan kita kecanduan makan secara bertahap yang sangat merugikan kesehatan.

Merokok
Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang bisa membuat seseorang kecanduan. Apabila sering stres, seseorang mungkin saja akan mengambil rokok sebagai salah satu alternatif atau jalan keluar menghadapi masalah yang terus-menerus menekan.

Kebiasaan buruk ini, yaitu lari dari stres dengan merokok harus dihindari.


Minuman keras

Selain menggunakan rokok, beberapa orang juga berpikir untuk menggunakan minuman keras agar bisa melupakan berbagai masalah yang mereka hadapi. Namun tidak jauh berbeda dengan rokok, minuman keras juga sama berbahayanya.

Coklat
Coklat bisa mengubah suasana hati. Namun di dalam coklat juga ada efek aditif yang membuat seseorang kecanduan. Selain itu, mengkonsumsi coklat terlalu banyak juga dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti obesitas, masalah jantung dan lain-lain.

Menggigit kuku
Stres membuat kita melakukan banyak hal aneh dan terkadang tidak kita sadari. Salah satunya adalah menggigit kuku. Kebiasaan buruk ini umumnya tidak disadari oleh mereka yang mengalami stres. Jadi selalulah memperhatikan diri sendiri.

Banyak tidur atau kurang tidur
Stres bisa mempengaruhi kesehatan kita dengan membuat tidur kita menjadi kacau sehingga kita kekurangan tidur atau tidak beristirahat dengan cukup. Selain itu, stres juga bisa membuat kita enggan untuk bangun dari tempat tidur sehingga memperpanjang waktu tidur dibandingkan dengan apa yang dibutuhkan.


Bermain video game

Saat ini teknologi smartphone atau gadget yang lain seperti tablet semakin murah. Video game merupakan hal lain yang bisa membuat seseorang kecanduan. Efek buruk dari video game diantaranya adalah membuat kita lupa waktu dan kurang beristirahat, lupa makan, atau jika kita makan sambil bermain video game, mungkin saja kita tidak akan mempertimbangkan makanan apa yang kita konsumsi.

Tidak sedikit dari orang-orang yang kemudian bermain video game untuk menghindari stres, padahal bermain video game secara berlebihan bisa mempengaruhi produktivitas, menurunkan kesehatan dan bahkan tidak sedikit orang yang kemudian mati saat bermain game karena terlalu lelah.

Baca juga:
Cara Terbaik Menenangkan Diri saat Stress
Cara Memanfaatkan OlahRaga Sebagai Obat
Cara Menyeimbangkan Hormon Adrenalin
Cara Sederhana Mengatasi Sakit Perut
Cara Memanfaatkan Minyak Kelapa untuk Kesehatan
Cara Memberikan Pertolongan Pertama yang Harus Anda Ketahui

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *