Benarkah Dehidrasi Bisa Membuat Tubuh Menjadi Gemuk?

Jika Anda bertanya apakah dehidrasi berbahaya? Maka, jawabannya sudah pasti dehidrasi bisa membahayakan kesehatan kita. Kita semua sudah tau bahwa tidak ada diantara kita yang bisa hidup tanpa air. Dan, tentu anda lebih tau hal tersebut. Namun tidak hanya berhenti hingga di sana, kekurangan cairan atau dehidrasi bisa menyebabkan masalah lain yang mungkin tidak pernah anda pikirkan sebelumnya. Dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan kelelahan. Apabila hal tersebut sering terjadi, dehidrasi bisa mempengaruhi kesehatan ginjal, bisa mempengaruhi kulit bahkan pencernaan. Dan penemuan terbaru mengatakan bahwa dehidrasi dapat menyebabkan seseorang mengalami obesitas.
Benarkah Dehidrasi Bisa Membuat Tubuh Menjadi Gemuk?
Dehidrasi bisa membuat tubuh anda menjadi lebih gemuk. /Dok. simpleorganiclife.org

Jika anda memiliki kebiasaan minum air hanya ketika anda haus, maka sudah saatnya anda secara rutin menghidrasi sistem tubuh dengan baik sebelum berbagai penyakit datang.

Bahkan, mengkonsumsi sebotol air minum segar pada pagi hari saat bangun tidur bisa memberikan banyak efek positif. Selain itu, kebiasaan negatif seperti minum kopi di pagi hari dan lain-lain bisa diatasi dengan mengkonsumsi air putih setidaknya 600 ml pada saat bangun tidur.


Pengaruh dehidrasi

Secara lengkap, berikut adalah berbagai pengaruh yang bisa muncul akibat apabila kita sering dehidrasi.

Memicu kegemukan
Kegemukan atau obesitas bisa disebabkan karena sering mengalami dehidrasi.Dehidrasi menyebabkan anda menjadi lemah sehingga memancing anda untuk makan dan minum lebih banyak dalam rangka mengembalikan energi. Namun pada kenyataannya, ketika anda haus,sebenarnya anda hanya perlu minum saja dan bukan minum serta makan.

Menyebabkan sembelit
Ketika anda tidak mengkonsumsi banyak air, sampah di dalam usus cenderung untuk sulit bergerak. Hal ini menyebabkan sembelit atau susah BAB.

Menyebabkan kolesterol
Apakah anda tahu bahwa tubuh cenderung menghasilkan kolesterol dalam kadar yang sangat tinggi pada saat seseorang dehidrasi? Nah, untuk mencegah hal tersebut anda harus rajin minum air putih.

Menyebabkan alergi
Dehidrasi juga dapat mempengaruhi saluran pernapasan yang kemudian menyebabkan terganggunya sistem pernafasan serta bisa menyebabkan seseorang mengalami alergi.

Menyebabkan kelelahan
Adapun kasus ini, dimana dehidrasi menyebabkan kelelahan tentu sudah tidak asing di telinga anda, karena ini bisa dirasakan oleh hampir semua orang.
Alasannya, pada saat kita mengalami dehidrasi atau kekurangan air, sistem didalam tubuh menjadi melambat dan membuat kita kelelahan. Karena, air adalah salah satu sumber energi.

Tekanan darah meningkat
Tekanan darah bisa menjadi sangat tinggi pada saat seseorang mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, cobalah mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak air termasuk juga air putih. Karena air bisa mempengaruhi aliran dan tekanan darah.

Kulit menjadi gatal
Ketika tubuh kekurangan air, biasanya mereka gagal untuk mengeluarkan racun sehingga dapat menyebabkan kulit mengalami ruam-ruam dan rasa gatal termasuk juga menyebabkan keriput dan penuaan dini.

Penyakit ginjal
Ginjal adalah salah satu organ penting di mana limbah diolah dan kemudian dibuang. Apabila tidak ada pasokan air yang cukup, maka limbah tersebut akan terakumulasi di ginjal sehingga menyebabkan infeksi ginjal.

Sakit pada sendi
Sendi kita membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik. Sebagian tulang rawan tersebut didominasi oleh air sehingga apabila seseorang mengalami dehidrasi,tubuhnya akan mudah mengalami masalah.


Penuaan dini
Efek lain dari sering dehidrasi adalah munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis-garis halus atau dapat juga menyebabkan wajah menjadi terlihat sangat kusam dan kering.

Minum cukup air putih membantu urine mengeluarkan racun-racun dari tubuh dengan ditandai dengan warna pekat pada urine. Jika  ada keluhan sering minum membuat sering buang air kecil, hal ini justru membuat endapan mineral batu yang berpotensi menjadi penyakit memiliki sedikit kesempatan untuk menjadi batu ginjal di saluran kemih. Semoga bermanfaat.

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *