Tanda Anda Terkena Demam Berdarah

Dalam berjuang untuk mendapatkan kondisi kesehatan dan kehidupan yang lebih baik, setiap orang terkadang menghadapi situasi yang tidak menguntungkan. Beberapa situasi terkadang cenderung parah dan menyebabkan rasa cemas.
Tanda Anda Terkena Demam Berdarah
Nyamuk Aedes aegypti sedang menghisap darah. /Dok. Wikipedia

Beberapa penyakit yang ada bisa disebabkan karena standar hidup rendah atau berada dibawah garis kemiskinan. Beberapa penyakit lain bisa disebabkan karena kuman atau mikroorganisme yang berbahaya dan hidup di sekitar kita.

Faktor lingkungan memang sangat berpengaruh terhadap kesehatan seseorang. Mereka yang tidak menjaga kebersihan lingkungan, seringkali terkena berbagai penyakit dan salah satunya adalah akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti.


Nyamuk ini membawa virus dengue yang menyebabkan infeksi dan demam. Komplikasi demam berdarah memiliki beberapa variasi atau berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya.

Dengan mengetahui komplikasi yang melibatkan virus dengue adalah salah satu cara mengantisipasi dampak yang lebih parah. Karena penyakit ini bisa mengakibatkan kematian apabila tidak segera ditangani.

Oleh sebab itu, praktisi medis atau dokter selalu menyarankan kepada setiap orang untuk melakukan berbagai pencegahan dalam rangka membantu pengobatan karena cara ini merupakan cara paling efektif menghindari efeknya.

Untuk mengurangi resiko, pasien harus segera dibawa ke rumah sakit agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Mengantisipasi demam berdarah

Biasanya nyamuk demam berdarah menyerang pada musim musim hujan sehingga kita harus membersihkan lingkungan, menghilangkan genangan air, menutup bak mandi atau tempayan, menyebarkan obat abate dan jangan lupa di dalam rumah untuk secara rutin membersihkan dan mencuci pakaian kotor. Karena pakaian yang digantung dalam waktu lama biasanya akan menjadi sarang nyamuk.
Tanda Anda Terkena Demam Berdarah
Membersihkan lingkungan dan menghilangkan genangan air tempat bersarang nyamuk demam berdarah. /Dok. Internet

Tanda seseorang terkena demam

Sakit kepala berat
Salah satu tanda yang paling sering muncul pada saat seseorang mengalami demam berdarah adalah sakit kepala yang diakibatkan oleh virus dengue. Hal tersebut menyebabkan pendarahan pada otak yang apabila tidak segera ditangani bisa mengakibatkan kematian.

Mendadak demam
Nyamuk Aedes aegypti yang menggigit seseorang bisa menyebabkan individu tersebut terserang demam tinggi secara mendadak. Dalam beberapa kasus, pasien bisa mengalami demam hingga suhu 1020 fahrenheit. Apabila tidak segera ditangani hal tersebut bisa menyebabkan sakit parah.

Dehidrasi
Secara medis, dehidrasi adalah kondisi fisik di mana tubuh kehilangan banyak air atau cairan. Karena suhu tinggi, tubuh sering kehilangan keseimbangan cairan dan sebagian besar pasien demam berdarah dianjurkan untuk mengkonsumsi air garam atau disuntikkan air garam ke dalam tubuhnya agar terhindar dari dehidrasi.

Pendarahan
Perdarahan merupakan komplikasi yang juga berkaitan dengan nyamuk mematikan tersebut. Ini sering menimbulkan beberapa komplikasi serius yang juga bisa berakibat kematian.

Trombosit menjadi rendah
Infeksi akan menyebabkan pengurangan jumlah trombosit di dalam tubuh. Ini merupakan satu dari sekian komplikasi yang berdampak sangat serius. Untuk mengembalikan trombosit, anda dianjurkan mengkonsumsi beberapa makanan sehat dan salah satunya adalah jambu merah.


Tekanan darah rendah
Jumlah trombosit yang rendah juga biasanya diikuti dengan tekanan darah rendah. Kondisi ini akan melemahkan tubuh dan kemudian pasien akan mengalami kehilangan energi sehingga sulit untuk berdiri, berjalan atau duduk.

Kerusakan neurologis
Tanda-tanda lain apabila seseorang terkena demam berdarah adalah kerusakan neurologis, yaitu ketidak seimbangan saraf akibat demam berdarah. Komplikasi ini bisa fatal dan mengakibatkan pendarahan otak serta kematian.

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *