Penyebab Mengapa Anda Merasa Lelah

Selalu aktif dari pagi hingga sore adalah tanda bahwa tubuh anda dalam keadaan sehat. Namun jika anda merasa lelah terus-menerus, lemas dan kurang bergairah, maka hal tersebut adalah tanda bahwa gaya hidup yang anda jalani tidak sehat.
Penyebab Mengapa Anda Merasa Lelah
Penyebab Mengapa Anda Merasa Lelah. /Dok. www.besthealthmag.ca

Jika anda merasa lesu dan kurang bergairah, cobalah sedikit mengubah kebiasaan atau gaya hidup yang anda jalani. Terutama, beberapa kebiasaan buruk yang kita lakukan sehari-hari, karena dapat membuat kita merasa lelah terus-menerus.

Lelah terus-menerus akan membuat hidup sengsara. Dan di kemudian hari, bisa mendatangkan banyak masalah kesehatan. Mereka yang sering lelah cenderung mengalami peningkatan berat badan dan masuk ke dalam perangkap depresi.


Salah satu kunci untuk mengatasi masalah kelelahan adalah dengan memilih makanan yang tepat sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

Alasan Mengapa Anda Mudah Lelah

Tidak berolahraga
Banyak orang malas berolahraga karena menghindari capek atau enggan berkeringat. Padahal, olahraga memiliki banyak manfaat untuk menjaga berat badan tetap stabil, meningkatkan kesehatan serta membuat imun tubuh menjadi lebih kuat. Selain itu, orang yang secara rutin berolahraga juga memiliki energi yang lebih besar dibandingkan dengan mereka yang jarang berolahraga.

Jadi, apabila anda tidak berolahraga atau tidak bergerak secara aktif, kemungkinan besar anda akan mudah lelah. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk berolahraga setidaknya 20 menit sehari.

Dehidrasi
Perhatikan kondisi tubuh anda. Jika anda kehausan, hal tersebut harus segera diatasi dengan mengkonsumsi air putih atau dengan mengkonsumsi beberapa buah-buahan yang banyak mengandung air.

Dehidrasi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan tubuh menjadi lelah karena adanya penurunan oksigen di dalam darah. Apabila tubuh kekurangan air, biasanya darah akan menjadi lebih tebal dan kental sehingga jantung kesulitan untuk memompa dengan baik.

Kurang zat besi
Kelelahan juga bisa diakibatkan karena kekurangan zat besi. Dan, kekurangan zat besi menyebabkan seseorang menjadi lemah, lesu dan lelah.Jadi, mulailah memilih makanan makanan yang banyak mengandung zat besi agar letih dan lesu bisa segera teratasi.

Terlalu memaksakan diri
Pada saat anda bekerja sangat keras untuk mencapai tujuan yang anda inginkan selama berjam-jam setiap hari, anda menjadi kurang beristirahat dan tidak banyak tidur.

Hal tersebut akan membuat anda cepat lelah, merasa kesulitan untuk berkonsentrasi, bahkan sulit untuk bisa fokus pada pekerjaan.

Kebanyakan pikiran
Apabila anda terus-menerus memeras otak untuk memikirkan hal-hal yang berlebihan, kemungkinan besar anda akan mudah stres. Untuk mengatasi masalah ini, pandai-pandailah bersyukur.


Jarang sarapan
Sarapan sangat penting untuk kesehatan otak dan untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Melewatkan sarapan berarti menyiapkan hari yang buruk bagi diri anda sendiri.Memilih sarapan yang tepat dan sarapan yang sehat akan membantu anda tetap berenergi selama 5 hingga 8 jam ke depan.

Sulit mengatakan tidak
Pada saat atasan meminta anda untuk melakukan berbagai pekerjaan extra, termasuk lembur, padahal kondisi anda sudah sangat lelah di mana energi sudah terkuras pada siang hari, hal tersebut akan membuat anda cepat lelah. Jadi, perhatikan kondisi tubuh anda dan jangan hanya ingin menyenangkan bos agar terlihat lebih menyenangkan.

Anda juga harus memikirkan diri anda dan masa depan karena kelelahan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan di kemudian hari.

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *