Mengapa Kita Dianjurkan Makan Soup Saat Sakit?

Ketika kita sakit, perubahan dalam rutinitas makan kita akan memberikan dampak yang tidak sedikit. Perubahan tersebut akan memberikan dampak negatif maupun positif. Untuk bisa sembuh lebih cepat, kita membutuhkan makanan yang mudah dicerna dan kaya nutrisi. Beberapa sakit ringan seperti demam atau batuk, tubuh membutuhkan banyak kalori agar bisa berfungsi secara normal. Oleh sebab itu, anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan terbaik agar tubuh lebih mudah mengembalikan kondisinya.
Mengapa Kita Dianjurkan Makan Soup Saat Sakit?
Makanan terbaik saat sakit untuk mengembalikan kondisi kesehatan. /Dok. http://fresh.co.nz/

Ada banyak hidangan yang dianggap sebagai makanan terbaik pada saat sakit. Dan mungkin salah satunya adalah soup. Banyak dokter yang menyarankan kepada mereka yang sakit untuk mengkonsumsi soup. Soup yang dikonsumsi harus banyak mengandung kalori karena akan difungsikan untuk melawan infeksi.

Makanan tersebut boleh jadi adalah salah satu yang terbaik karena terdiri atas sayuran, seafood dan daging. Jadi, sebelum anda meminta bantuan dokter atau menggunakan obat-obatan saat mengalami pilek, demam atau sakit tenggorokan, cobalah terlebih dahulu menggunakan soup untuk meredakannya.



Manfaat soup


1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Mengkonsumsi soup saat sakit akan membantu mengembalikan sistem kekebalan tubuh. Jadi, tidak diragukan lagi apabila soup merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya karena kandungan gizinya yang sangat lengkap. Makanan ini akan membantu kita melawan infeksi yang disebabkan karena flu, pilek atau demam.

2. Mudah dicerna
Soup merupakan makanan yang mudah dicerna sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat seseorang sakit. Jika anda ingin segera mengembalikan kondisi tubuh seperti sedia kala, sediakanlah sup buatan sendiri yang sehat dan biarkan sop tersebut melakukan keajaiban untuk anda karena mereka ramah dengan sistem pencernaan.

3. Anti inflamasi
Soup ayam dianjurkan bagi mereka yang mengalami flu sebagai anti inflamasi yang bisa meredakan penyakit tersebut dalam waktu yang singkat. Pada abad ke-12,soup ayam dikenal sebagai penicillin karena makanan tersebut bisa menenangkan dan memiliki unsur anti inflamasi.

4. Mengandung banyak gizi
Alasan lain mengapa sop menjadi salah satu makanan terbaik pada saat sakit adalah karena kandungan gizinya yang sangat lengkap. Makanan ini layaknya makanan bayi yang mengombinasikan berbagai jenis vitamin dan mineral sehingga sangat baik untuk melawan berbagai penyakit.

5. Melegakan pernafasan
Pada saat kita pilek, kita cenderung mengalami hidung mampet. Mengkonsumsi sup hangat akan membantu kita mengatasi hal tersebut sehingga bisa bernafas dengan lebih lancar. Selain itu, kualitasnya yang sangat baik akan membantu kita melawan bakteri serta virus penyebab penyakit.


6. Menghidrasi tubuh
Alasan lainnya mengapa ini adalah makanan terbaik karena kandungan airnya yang sangat banyak sehingga bisa dimanfaatkan untuk menghidrasi tubuh. Saat kita sakit, kita dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi air putih. Saat kita makan soup, air yang terkandung di dalamnya juga sangat banyak sehingga bisa menjadi tambahan air untuk dikonsumsi.

7. Rasanya sangat lezat
Orang sakit cenderung tidak menyukai makanan apapun karena lidah mereka terkadang sedikit berubah saat merasakan makanan-makanan tertentu.

Namun, soup adalah salah satu makanan yang ramah terhadap lidah sehingga tetap bisa terasa enak bahkan pada saat kita sakit.

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *