Makanan yang Bisa Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Kita mungkin sudah sering mendengar dan membaca mengenai berbagai pembahasan yang membicarakan seputar makanan sehat untuk tubuh kita. Akan tetapi, ternyata makanan tidak hanya penting untuk tubuh dan organ didalam tubuh kita melainkan juga bisa membantu melindungi kulit kita dari bahaya sinar matahari.
Melindungi Kulit dari Sinar Matahari
Melindungi Kulit dari Sinar Matahari. /Dok. Internet

Pada artikel kali ini, kita akan mencoba membahas mengenai makanan apa saja yang bisa meningkatkan SPF (sun protection factor) pada kulit.

Walaupun kita seringkali meyakini bahwa satu-satunya yang bisa melindungi kulit kita adalah lotion atau pelembab, ternyata selama ini kita salah, karena makanan yang kita konsumsi juga bisa membantu melindungi kulit dari efek bahaya sinar matahari.


Makanan untuk SPF

Berikut adalah beberapa makanan yang direkomendasikan untuk anda apabila anda ingin agar kulit anda terlindung dari bahaya sinar matahari dan tidak mudah terkena kanker.

Semangka
Salah satu buah-buahan segar yang kaya air dan memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari adalah semangka. Buah semangka kaya akan likopen dan bisa melindungi tubuh dari radikal bebas karena paparan sinar matahari dan polusi. Makanan segar ini merupakan salah satu yang terbaik untuk meningkatkan kadar SPF di dalam tubuh anda.

Tomat
Tomat kaya akan karetonoid yang merupakan anti oksidan cukup kuat dan bisa membantu meningkatkan FPS tubuh.

Teh hijau
Green tea atau teh hijau kaya anti-inflamasi dan bermanfaat juga untuk melawan penuaan dini. Sifat antioksidan yang dimilikinya menjadikan teh hijau sebagai salah satu minuman terbaik yang bisa meningkatkan SPF anda.

Minumlah teh hijau setidaknya dua kali sehari untuk kesehatan yang lebih baik.

Coklat
Coklat memiliki banyak manfaat apabila tidak dimakan secara berlebihan. Dan salah satunya bisa melindungi kulit kita dari pengaruh buruk sinar matahari. Selain itu, coklat juga bisa membantu mengatasi peradangan pada kulit dan kerusakan akibat oksidatif.

Ikan
Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kulit kita. Ikan akan membantu meningkatkan peradangan pada kulit dan dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan SPF tubuh.

Wortel
Sayuran berwarna orange ini selain memiliki rasa yang enak juga kaya akan kandungan betakaroten yang membantu meningkatkan perlindungan terhadap kulit dari paparan sinar matahari. Karoten juga bisa membantu melawan peradangan yang disebabkan karena luka bakar pada kulit dan secara khusus bisa meningkatkan SPF.


Yang Perlu Anda Perhatikan

Jika anda secara rutin mengkonsumsi makanan-makanan yang telah disebutkan sebelumnya, berarti kulit anda terlindungi sebagian, bukan berarti anda tidak harus menggunakan sunscreen lotion atau sun blok yang lainnya.

Saat berjalan di bawah terik sinar matahari terutama di atas jam 10.00 - jam 14.00, anda tetap dianjurkan untuk menggunakan pelindung baik itu berupa topi, payung, pakaian atau lotion tabir surya.

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *