Makan Siang Sehat yang Tidak Bikin Ngantuk

Saat kita bekerja dan saat beristirahat di siang hari, kebanyakan dari kita sibuk mencari makanan favorite yang bisa digunakan untuk mengganjal perut. Namun, sayangnya, salah memilih makanan bisa berakibat fatal, terutama dapat menyebabkan kantuk sehingga efektivitas dan produktivitas saat bekerja menurun. Bukan hanya merugikan anda dalam dunia pekerjaan, namun efek kantuk yang disebabkan karena makanan juga bisa menyebabkan kesehatan terganggu karena anda sudah pasti akan memaksakan diri berkerja dalam keadaan ngantuk dan lemas.
Makan Siang Sehat yang Tidak Bikin Ngantuk
Makan Siang Sehat yang Tidak Bikin Ngantuk. /Dok. abc13.com

Bagi anda yang sering atau banyak menghabiskan waktu di depan meja, mengkonsumsi makan siang yang berat bukanlah pilihan tepat. Pilihan yang paling tepat adalah makanan ringan yang sehat dan bisa membuat anda tetap energik sepanjang waktu. Makanan tersebut harus bisa membuat anda bebas dari rasa ngantuk dan bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Seperti masakan-masakan beberapa negara tetangga yang ada di Asia Tenggara, masakan Indonesia biasanya didominasi berbagai makanan sehat yang terdiri atas rempah-rempah dan seringkali dapat menambah nafsu makan. Namun, tidak sedikit juga yang bermanfaat untuk mengurangi lemak di dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme. Sehingga, pilihan untuk makan siang sangat bervarisasi.


Makan Siang yang Sehat dan Tidak Bikin Ngantuk

Beberapa pilihan makanan berikut ini bisa anda pertimbangkan untuk makan siang karena jarang sekali menyebabkan ngantuk, dan justru membuat anda lebih bergairah dan lebih mudah berkonsentrasi di tempat kerja.

Nasi kuning

Nasi kuning bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk makan siang yang tidak terlalu berat dan tidak membuat anda mengantuk. Nasi kuning biasanya dikemas dengan campuran beberapa serundeng dan biji-bijian seperti kacang. Kacang mengandung banyak serat.Dan biasanya, warna kuning pada nasi disebabkan karena kunyit yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Bubur ayam

Bagi anda yang menyukai bubur ayam, tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi bubur ayam pada siang hari karena makanan ini tidak akan membuat anda terlalu kenyang sehingga menyebabkan mengantuk. Sebaliknya, bubur ayam akan membuat pencernaan anda semakin lancar dan bersemangat.

Salad sayuran

Makan siang sehat selanjutnya yang tidak akan membuat ngantuk adalah salad sayuran. Makanan ini bisa membantu anda membakar lemak lebih banyak dan melancarkan pencernaan. Selain itu, sayuran yang kaya akan serat dan berbagai jenis vitamin juga akan membantu anda mendapatkan energi menghadapi pekerjaan yang berat di siang hari.

Ayam gulung

Ayam gulung bisa ditambahkan kedalam menu makan siang karena menyediakan banyak protein dan nutrisi. Ayam gulung yang direbus atau dikukus tidak akan membuat anda terlalu kenyang, sebaliknya akan membuat anda bersemangat menghadapi hari.


Semangkuk buah-buahan

Buah-buahan tidak akan membuat anda merasa terlalu kenyang sehingga tidak mungkin membuat anda ngantuk pada siang hari. Sebaliknya, buah-buahan segar yang terdiri dari berbagai macam akan membuat anda lebih berenergi saat bekerja.

Buah-buahan manis cenderung bisa meningkatkan energi dan bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan kondisi tubuh yang tadinya kelelahan menjadi bergairah kembali.

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *