Gejala Awal Depresi yang Harus Kamu Ketahui

Stres dan depresi adalah gangguan kesehatan yang paling umum kita temukan saat ini selain sakit kepala. Sebagian dari kita merasa stres dan tertekan setiap saat bahkan ketika kita bersinggungan dengan hal-hal yang kecil.
Gejala Awal Depresi yang Harus Kamu Ketahui
Gejala Awal Depresi yang Harus Kamu Ketahui. /Dok. www.healthination.com

Ketika anda mengalami depresi, anda harus segera menyingkirkannya karena jika tidak, depresi atau perasaan tertekan apabila terus-menerus dibiarkan dapat menjadi lebih parah di kemudian hari. Tidak hanya itu, depresi yang sudah akut bisa menyebabkan hal-hal tidak terduga seperti datangnya berbagai macam penyakit.

Berbagai pengaruh negatif di sekitar kita juga memainkan peranan penting dalam menyebabkan kita menjadi stress dan tertekan. Menghindari stres dan berkonsentrasi pada hal-hal positif di sekitar kita merupakan jalan keluar yang baik. Hal tersebut biasanya akan membantu memberikan pikiran yang lebih baik, jernih dan positif. Hal tersebut kemudian akan membimbing kita pada tingkat kesehatan yang lebih baik.


Seseorang tidak pernah menyadari bahwa mereka mengalami depresi sampai mereka memiliki beberapa gejala umum. Oleh sebab itu, anda bisa memeriksa tanda-tanda atau gejala-gejala depresi apakah ada pada diri anda atau tidak?!

Gejala Awal Depresi


Ingin berteriak
Ketika anda merasa seolah-olah ingin segera berteriak dan ingin melampiaskan kemarahan akan tetapi belum bisa melakukannya, atau belum mau melakukannya, maka hal tersebut merupakan gejala awal dari depresi.

Ingin menangis tapi tidak bisa
Berbagai masalah yang kita hadapi ini kadang membuat kita ingin menangis untuk menghapus frustrasi. Namun terkadang kita tidak bisa menangis karena berbagai alasan. Ingatlah, menangis itu baik untuk kesehatan dan bahkan air mata yang keluar dari pelupuk mata bisa mempengaruhi jantung anda.

Ini merupakan gejala lain dari depresi di mana anda harus segera meluapkannya.

Merasa sedih dan tertekan
Tidak peduli seberapa baiknya anda hari ini, apabila anda masih cenderung merasa ada sesuatu yang mengganjal hingga membuat anda sedih dan tertekan, maka hal tersebut adalah tanda anda mengalami depresi.

Tidak bersemangat
Jika di tempat kerja anda, anda mendapatkan promosi atau kenaikan jabatan dan tidak membuat anda tersenyum, maka hal tersebut bisa menandakan bahwa semangat anda sedang luntur atau anda sedang berada di bawah tekanan yang sangat berat.

Takut berbagi
Ketika anda merasa sedih dan tertekan, biasanya anda membutuhkan seseorang yang bisa mendengarkan atau berbagi dengan anda. Akan tetapi terkadang kita merasa malu dan enggan untuk berbagi hingga membuat kita lebih tertekan.

Sering mengkritik diri sendiri
Gejala lain dari depresi adalah, anda tidak pernah bahagia atau puas dengan apa yang anda capai hingga saat ini. Anda mencoba terus menemukan kesalahan dalam diri anda sehingga membuat anda seolah-olah masih belum ada artinya bagi dunia ini.


Terimalah kenyataan bahwa anda sedang mengalami depresi dan hiduplah berdampingan dengan keadaan secara harmonis hingga anda berhasil mengatasinya. Tidak ada seorang pun yang suka merasa depresi, namun anda harus memahami bahwa tidak ada gunanya untuk terus menerus mengatasi depresi pada titik ini karena anda belum memiliki kekuatan, determinasi, dan keinginan untuk maju.

Cobalah untuk menerima apa yang sedang terjadi dalam diri anda dan sekitar anda dan tunggulah hingga kekuatan anda kembali dan anda merasa mampu untuk mengatasi depresi dan menjalani hidup normal kembali.

Semakin sehat dan kuat diri anda, semakin mudah pula anda mengatasi depresi dengan bantuan psikoterapi. Namun sangatlah penting bagi anda untuk mengembangkan teknik pribadi anda untuk memonitor dan mengendalikan diri anda sendiri untuk mengubah pandangan serta pola pikir mengatasi depresi, Semoga bermanfaat.

Baca juga:
Cara Terbaik Menenangkan Diri Saat Stres
Trik Sederhana Melawan Cemas
Tanda Anda Terlalu Banyak Bekerja

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *