Cara Menyeimbangkan Hormon Adrenalin

Artikel ini dimaksudkan untuk membantu anda mengetahui cara cara menyeimbangkan kelenjar adrenalin secara alami. Di dalam tubuh, kelenjar adrenal akan memproses adrenalin dan kortisol. Kedua hormon tersebut memainkan peranan penting dalam kehidupan kita sehari-hari dan mereka jugalah yang memutuskan seberapa banyak kita bisa bertahan dari stres.
Cara Menyeimbangkan Hormon Adrenalin
Cara Menyeimbangkan Hormon Adrenalin. /Dok. Edited dari wikipedia.org

Akan tetapi, apabila kelenjar ini terlalu lelah, mereka akan mengalami sesuatu yang disebut adrenal fatigue atau kelelahan adrenal. Itu artinya bahwa kita kehabisan adrenal dan untuk sementara berhenti berfungsi.

Ketika seseorang mengalami stres, kelenjar ini akan mengeluarkan hormon tertentu untuk membantu mengatasinya.Misalnya, apabila anda sedang berada di bawah ancaman, sekresi hormon akan membantu anda merespon. Tanpa adanya bantuan sekresi hormon tersebut, kemungkinan besar kita akan kesulitan mengambil tindakan sesegera mungkin, seperti mengelak, berlari atau melakukan refleks tertentu.


Jika sekresi tersebut rusak, tidak sulit untuk menebak apa yang akan terjadi. Ancaman di sekitar kita akan sulit untuk direspon oleh tubuh.

Apabila selama ini anda sering merasa tertekan atau stres, entah itu yang datangnya dari tempat kerja atau dari dalam internal keluarga, ada baiknya anda melakukan manajemen stress dan menghindarinya untuk menyeimbangkan kelenjar adrenal.

Itulah sebabnya tubuh kita butuh untuk beristirahat. Jadi usahakan untuk tidak terlalu berlebihan dalam menghadapi berbagai masalah, terutama yang dapat menyebabkan stress sehingga hormon adrenal menjadi tidak seimbang.


Tips menyeimbangkan hormon adrenal


Hindari kafein
Cara terbaik yang pertama adalah dengan menghindari kafein dalam kehidupan sehari-hari anda sampai sistem anda kembali normal. Kafein berkaitan langsung dengan adrenalin dan kortisol. Kafein secara khusus bisa menyebabkan hormon kortisol maupun adrenalin meningkat secara signifikan. Beberapa ahli kesehatan menyarankan setiap orang untuk menghindari kopi dan lebih memilih air lemon atau teh hijau saja.

Hindari junk food
Jika selama ini anda sering mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori namun rendah gizi seperti makanan olahan, hal tersebut bisa menyebabkan terganggunya kelenjar adrenal atau menyebabkan kelenjar adrenal kehilangan keseimbangan.

Jadi, bisa dipastikan bahwa makanan-makanan tersebut bisa menyebabkan tingkat stres di dalam tubuh meningkat. Biji-bijian yang diolah maupun minuman manis dan makanan manis juga bisa memperburuk kelenjar adrenal. Selain itu, makanan asin seperti keripik kentang, maupun keripik-keripik yang lain bisa sangat berpengaruh. Untuk mengatasi hal tersebut, beralihlah dengan banyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Makanlah dengan bijak
Makan terlalu banyak dapat menyebabkan suasana hati berubah, menyebabkan gangguan pencernaan dan kemudian berakhir pada stres. Oleh sebab itu, makanlah dengan jumlah yang cukup dan tidak berlebihan agar berbagai gangguan yang disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi bisa berkurang dengan signifikan.

Konsumsi makanan yang mengandung penyembuh
Sistem kekebalan tubuh kita akan melemah saat kelenjar adrenal dalam keadaan lelah. Oleh sebab itu, tubuh membutuhkan beberapa bantuan yang bisa bersumber dari makanan-makanan tertentu seperti jahe, kunyit, kayumanis, cengkeh, bawang putih maupun peppermint.

Jangan lewatkan waktu makan
Seberapa pun sibuknya anda menghadapi pekerjaan yang sangat banyak, jangan pernah melewati waktu makan, entah itu sarapan, makan siang atau makan malam terutama apabila sudah menjadi kebiasaan. Karena apabila sering terlewati, kadar gula darah mungkin saja akan turun ke tingkat yang paling rendah sehingga menyebabkan stres meningkat. Jadi, dianjurkan kepada setiap anda untuk makan secara berkala sesuai dengan waktunya dan kebutuhannya.

Jangan lupakan vitamin
Cara lain menyeimbangkan hormon adrenal adalah dengan mengkonsumsi banyak vitamin B karena bisa membantu kita menghadapi stres dan meningkatkan energi. Alih-alih meminum suplemen, vitamin B dan beberapa vitamin yang lain bisa membantu menyeimbangkan hormon, melancarkan peredaran darah, serta menjaga fungsi otak.


Makan malam lebih awal
Kebiasaan buruk lainnya yang akan membuat hormon adrenal menjadi tidak seimbang adalah, apabila kita makan terlalu dekat dengan waktu tidur. Jadi, agar tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan, dianjurkan makan lebih awal atau beberapa jam sebelum tidur. Karena, apabila anda makan terlalu dekat dengan waktu tidur, tubuh tidak akan sempat mengubah makanan tersebut menjadi energi karena tidak akan digunakan.

Sebaliknya, makanan yang mengandung banyak kalori tersebut akan diubah menjadi lemak dan disimpan di balik kulit. Tentu saja ini merugikan kesehatan karena bisa menyebabkan berbagai masalah seperti penyakit jantung, diabetes dan lain-lain.

Baca juga:
Cara Sederhana Mengatasi Sakit Perut
Cara Stress Mempengaruhi Kesehatan
Cara Terbaik Menenangkan Diri saat Stress
Cara Memanfaatkan Olahraga Sebagai Obat
Cara Memanfaatkan Minyak Kelapa untuk Kesehatan
Cara Memberikan Pertolongan Pertama yang Harus Anda Ketahui

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *