Cara Memanfaatkan Olahraga Sebagai Obat

Fakta mengenai makanan yang bisa berfungsi sebagai obat bukanlah hal asing bagi kita. Namun tidak banyak orang yang tahu bahwa olahraga juga bisa berfungsi sebagai obat yang menyembuhkan.
Cara Memanfaatkan Olahraga Sebagai Obat
Cara Memanfaatkan Olahraga Sebagai Obat. /Dok. SeMedan.com

Banyak orang telah membuktikan dengan mengkonsumsi makanan alami, mereka bisa terjaga dari berbagai masalah kesehatan dan bahkan bisa membunuh penyakit tertentu. Dengan cara yang sama, olahraga bisa berfungsi sebagai obat yang dapat mencegah dan mengobati masalah kesehatan tertentu.

Menggunakan olahraga atau berbagai jenis latihan untuk dijadikan sebagai obat, terkadang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Karena pada umumnya berolahraga tidak memiliki efek samping yang berbahaya.


Ada banyak orang yang berhasil sembuh dari berbagai kondisi medis hanya dengan rutin berolahraga. Salah satu penyait yang bisa disembuhkan dengan olahraga adalah asma.

Olahraga sebagai obat

Untuk bisa memanfaatkan olahraga sebagai obat, berikut adalah beberapa manfaatnya untuk mengatasi berbagai penyakit.

Olahraga untuk mengatasi sembelit
Ketika seseorang berolahraga secara teratur, makanan yang ada di dalam usus besar akan dicerna dengan lebih baik dan menghindari penyerapan air berlebihan. Jadi, apabila anda kesulitan buang air besar karena sembelit, cobalah untuk berolahraga karena bisa merangsang otot-otot di sekitar usus bekerja dengan lebih baik sehingga sembelit bisa diatasi.

Mengatasi masalah pencernaan
Pencernaan yang tidak bekerja dengan baik dapat ditangani dengan berolahraga secara teratur. Aktivitas fisik ini bisa menjaga pencernaan tetap kuat. Olahraga, apabila digabungkan dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat akan membuat pencernaan kita semakin lancar dan bebas dari berbagai masalah.

Mengatasi masalah pernapasan
Tahukah anda bahwa banyak orang yang berpendapat bahwa masalah pernafasan bisa diobati dengan seni bela diri atau kardio. Bahkan di china, banyak orang yang mengembangkan seni kungfu tertentu untuk mengatasi masalah ini.

Secara rutin berolahraga akan membuat pernapasan kita semakin baik dan berbagai masalah pernapasan bisa teratasi termasuk asma.

Mengatasi insomnia
Beberapa olahraga seperti taichi juga bisa menyembuhkan insomnia. Bahkan, olahraga lainnya juga dapat membuat kualitas tidur meningkat pada malam hari, terlebih apabila dilakukan pada pagi hari dan tidak terlalu dekat dengan waktu tidur. Berolahraga yang terlalu dekat dengan waktu tidur sangat tidak dianjurkan karena justru dapat mengganggu kualitas tidur.

Mengatasi hormon kortisol
Apabila seseorang mengalami stres, maka tubuhnya akan melepaskan hormon kortisol yang membuat denyut jantung meningkat dan tekanan darah naik. Selain itu, kadar kolesterol juga akan ikut terpengaruh karena stres. Olahraga merupakan salah satu kunci untuk keluar dari stres oleh sebab itu, olahraga juga akan berefek langsung dan mempengaruhi hormon kortisol di dalam tubuh.

Mengatasi depresi
Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa berolahraga bisa digunakan sebagai obat depresi dan bisa memulihkan orang yang mengalaminya dengan cepat.

Sakit punggung
Bagi anda yang sering bekerja tanpa banyak bergerak, atau sering duduk tanpa banyak berdiri, tentu tidak asing dengan sakit pinggang.

Untuk mengatasi masalah ini, olahraga bisa menjadi obat yang tepat. Selain tanpa efek samping, olahraga akan memberikan anda banyak manfaat kesehatan.


Obat disfungsi seksual
Bagi pria, sirkulasi darah yang tidak lancar menyebabkan banyak masalah. Dan salah satunya adalah disfungsi ereksi. Untuk memperlancar aliran darah di dalam tubuh, sangat dianjurkan berolahraga. Apabila selama ini anda memiliki gejala disfungsi ereksi, berolahragalah secara rutin agar bisa teratasi.

Mengatasi penyumbatan arteri dan masalah jantung
Olahraga bisa mengatasi banyak masalah, termasuk juga bisa mengatasi penyumbatan arteri dan dapat meningkatkan denyut jantung. Dengan rutin berolahraga, entah itu jalan cepat, jogging atau yang lainnya akan membuat jantung bekerja dengan lebih baik serta penyumbatan arteri bisa teratasi karena adanya peregangan pada tubuh.

Baca juga:
Cara Stress Mempengaruhi Kesehatan
Cara Terbaik Menenangkan Diri Saat Stres
Cara Menyeimbangkan Hormon Adrenalin
Cara Sederhana Mengatasi Sakit Perut
Cara Memanfaatkan Minyak Kelapa untuk Kesehatan
Cara Memberikan Pertolongan Pertama yang Harus Anda Ketahui

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *