Benarkah Hookah Lebih Berbahaya daripada Rokok?

Hookah atau Shisha adalah gaya merokok ala Timur Tengah, dan menjadi trend belakangan ini. Kita jarang mendengar tentang bahaya dari Hookah, Sehingga tidak jarang di antara kita yang menganggapnya aman. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa rokok lebih berbahaya daripada Hookah. Namun, penelitian terbaru membuktikan sebaliknya.
Benarkah Hookah Lebih Berbahaya daripada Rokok?
Rokok Hooka atau Shisha. /Dok. http://www.radioaustralia.net

Bagi anda yang berpikir bahwa menghabiskan waktu 1 jam atau lebih dengan Hookah tidak akan membunuh anda, maka anda salah. Hookah yang diisap selama kurang lebih 1 jam setara dengan lima hingga enam bungkus rokok yang diisap dalam waktu yang sama. Jadi bagaimana menurut anda?

Kita semua sudah mengetahui bahwa rokok dapat mengakibatkan berbagai resiko penyakit mulai dari jantung hingga gangguan paru-paru. Saat ini, penelitian terbaru juga telah membuktikan bahwa hookah berkontribusi terhadap gangguan kesehatan. Seperti yang kita tahu bahwa hookah sebagian besar dicampur dengan berbagai rasa yang akan memikat pencintanya. Namun, secara bertahap, hookah akan segera membunuh anda.



Efek samping berbahaya pada rokok Hookah


Kecanduan

Tidak hanya rokok, hookah juga bisa menyebabkan seseorang kecanduan karena mengandung nikotin. Setelah anda terbiasa, mungkin sekarang anda akan ingin mencobanya lebih sering.

Mengandung bahan kimia berbahaya

Pada umumnya, yang digunakan untuk membakar tembakau hookah adalah arang. Dan seperti yang kita tahu bahwa asap banyak mengandung bahan kimia berbahaya termasuk karbon monoksida yang akan sangat merugikan kesehatan.

Setara 5-7 bungkus rokok

Jika anda menghisap rokok hookah selama kurang lebih 1 jam, hal tersebut ternyata setara dengan menghisap 5 hingga 7 bungkus rokok pada saat yang bersamaan. Jadi, bisa dibayangkan efek yang diakibatkannya untuk paru-paru kita.


Mengandung banyak racun

Lebih parah dari rokok, hookah biasanya mengandung nikel, timah, karbon monoksida, tar dan arsenik dalam tingkat yang lebih tinggi dibandingkan rokok.

19 hisap berbanding 199 hisap

Satu rokok sama dengan 19 hisapan. Sedangkan 1 putaran hookah menawarkan lebih dari 199 hisapan.

Menyebabkan infeksi

Biasanya satu hookah dikeroyok rame-rame. Hal tersebut berpotensi menularkan infeksi dan penyakit menular.


Menyebabkan kerusakan lebih parah

Rasa yang ada pada hookah akan menyebabkan anda menghisap asap lebih banyak dibandingkan dengan rokok. Dan ini dampaknya akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada paru-paru anda.


Kadar nikotin yang sangat tinggi

Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa kadar nikotin dalam urine orang yang merokok 68% lebih besar dibandingkan dengan yang menggunakan rokok konvensional. Tentu saja ini sangat berbahaya terutama efeknya untuk kesehatan.

Menyebabkan kanker

Banyak diantara kita yang percaya bahwa menghisap rokok hookah tidak berbahaya karena disaring melalui air. Akan tetapi hal tersebut juga bisa meningkatkan resiko kepada penghisapnya terkena berbagai jenis kanker yang disebabkan zat-zat berbahaya yang masih ada dan ikut terserap ke dalam tubuh.

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *