Beberapa Alasan Orang Malas Pergi ke Dokter, Berikut Alasannya

Jatuh sakit adalah bagian dari kehidupan manusia. Meskipun setiap orang sudah mencoba memberikan yang terbaik dalam rangka menjaga vitalitas dan kesehatan, namun ada saja yang membuat kita bisa terkena penyakit tertentu. Beberapa penyakit bisa disebabkan kekurangan gizi dan nutrisi, atau disebabkan karena serangan kuman berbahaya. Disamping itu, sakit juga bisa diakibatkan karena gaya hidup tidak sehat yang kita jalani.Beberapa penyakit bisa hadir karena usia yang bertambah tua. Itulah sebabnya mengapa tidak ada jaminan bagi setiap orang bisa segar bugar dan sehat sepanjang usia.
Beberapa Alasan Orang Malas Pergi ke Dokter, Berikut Alasannya
Dok. Linkedin.com

Mengunjungi dokter merupakan pilihan yang harus dilakukan dalam rangka mengobati berbagai macam penyakit atau gejala yang ada pada diri kita. Kita mengunjungi dokter karena berbagai sifat penyakit, gejala penyakit, diagnosis dan pengobatannya selalu berbeda-beda.

Baik pria maupun wanita yang sakit terkadang enggan mendatangi dokter. Menurut beberapa penelitian terbaru yang sangat meyakinkan, ada banyak orang di luar sana yang ternyata lebih memilih untuk tidak mengunjungi dokter dengan alasan yang beragam.


Alasan Orang Enggan Menemui Dokter

Tidak ingin rahasia tubuhnya diketahui

Beberapa orang yang memiliki rahasia di tubuhnya yang terkadang memalukan dan tidak ingin diketahui oleh siapapun.Ini merupakan alasan klasik dimana orang enggan menemui dokter bahkan disaat mereka seharusnya menemui dokter karena kesehatan yang memburuk.

Tidak sepenuhnya percaya pada dokter

Tidak semua orang memiliki pengetahuan yang sama, terlebih di negara kita. Kebanyakan orang-orang tua yang ada di beberapa tempat seperti di pelosok dan pedesaan, biasanya lebih percaya pada dukun dibandingkan dengan kemampuan dokter dalam menangani penyakit tertentu.
Tidak hanya orang-orang tua, beberapa orang yang lebih modern bahkan juga ada yang masih mempercayainya sehingga tidak mau pergi ke dokter pada saat sakit.

Menganggap penyakitnya ringan

Ini adalah kesalahan lain yang sering dilakukan oleh individu yang sedang sakit. Mereka seringkali menunggu terlebih dahulu dan menganggap penyakit tersebut bisa diatasi dengan beristirahat tanpa menemui dokter. Padahal, tanpa diagnosa dan pengobatan yang tepat dan sesegera mungkin, penyakit bisa berbahaya dan mengancam jiwa.

Tidak memiliki uang

Alasan sederhana lainnya adalah karena uang yang dikeluarkan untuk melakukan pemeriksaan dan membeli obat-obatan dari dokter tidak ada. Ini adalah alasan paling umum mengapa orang enggan menemui dokter pada saat mereka sakit.

Tidak memiliki cukup waktu

Beberapa orang yang memiliki gejala penyakit tertentu terkadang tidak segera memeriksakannya ke dokter karena tidak memiliki waktu. Gaya hidup yang super sibuk seperti bekerja dari pagi hingga petang membuat banyak orang tidak memiliki waktu untuk berkonsultasi dengan dokter. Mereka hanya sempat ke dokter hanya ketika penyakit sudah parah sehingga terkadang, mustahil untuk diobati.

Takut jarum suntik

Sebenarnya, tidak semua penyakit berakhir dan harus diobati dengan jarum suntik. Namun tetap saja, sebagian masyarakat kita menganggap bahwa setiap sakit pasti akan disuntik sehingga mereka takut untuk menemui dokter.


Tidak suka badannya disentuh orang lain

Ada beberapa orang yang tidak ingin badannya disentuh oleh orang lain, terlebih jika dokter tersebut jenis kelamin berbeda dengan dirinya.
Padahal, manfaat yang bisa kita dapatkan dengan pergi ke dokter dan berkonsultasi serta mendapatkan pemeriksaan akan jauh lebih besar dibandingkan dengan keengganan yang kita miliki.

Pelayanan yang tidak menyenangkan

Ini adalah alasan terakhir dan yang paling jarang kita dengar, dimana para pekerja di pusat pelayanan kesehatan seperti suster, dokter dan yang lainnya tidak memberikan layanan terbaik yang ramah sehingga orang yang sakit enggan untuk pergi menemui mereka.

Baca juga:
Alasan Mengapa Anda Selalu Makan Berlebihan
Alasan Mengapa Daun Mimba Baik untuk Kesehatan

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *