Bahan Makanan Berbahaya yang Harus Dihindari

Apakah anda adalah salah satu orang yang sadar kesehatan? Orang yang menghitung jumlah kalori yang dimakan? Atau, orang yang sering memeriksa jumlah protein dan nilai gizi dalam setiap makanan? Jika iya, maka anda adalah orang yang akan memiliki kehidupan bahagia dan panjang umur.
Bahan Makanan Berbahaya yang Harus Dihindari
Bahan Makanan Berbahaya yang Harus Dihindari. /Dok. Edited dari naturallivingideas.com

Namun, walau sudah berhati-hati, terkadang, kita tidak mengetahui bahwa beberapa bahan makanan yang kita konsumsi seringkali menjadi bumerang atau mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh. Jadi, tidak ada salahnya untuk menambah beberapa pengetahuan seputar makanan yang kita konsumsi sehari-hari agar tubuh tetap sehat dan terjaga hingga tua kelak.

Bahan Makanan yang Berbahaya untuk Kesehatan

Makanan-makanan yang mengandung pengawet sudah pasti tidak baik untuk kesehatan karena secara perlahan namun pasti akan menghancurkan tubuh kita. Selain makanan yang mengandung pengawet, beberapa makanan berikut ini juga sangat berbahaya sehingga wajib untuk dihindari.



Pemanis buatan

Pemanis buatan merupakan salah satu makanan paling berbahaya yang apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak akan membuat hidup kita sengsara. Pemanis buatan bisa ditemukan di permen karet, minuman berenergi, sarapan instant dan masih banyak makanan lainnya.

Salah satu bentuk pemanis buatan adalah Aspartam yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan memancing diabetes tipe 2 serta sindrom metabolik.


Minyak sayur

Minyak sayur merupakan bahan lain yang bisa merugikan kesehatan apabila dikonsumsi terlalu banyak. Minyak ini secara langsung dapat menyebabkan penyakit jantung dan penyakit lainnya. Minyak sayur banyak ditemukan pada soup.

Pewarna makanan

Makanan warna-warni biasanya mengandung pewarna. Beberapa diantaranya mengandung pewarna yang berbahaya, dan beberapa diantaranya mengandung pewarna yang cenderung aman. Namun setiap makanan yang mengandung pewarna bisa mempengaruhi jantung, ginjal dan menghambat pertumbuhan.

Makanan yang diawetkan

Paraben atau makanan yang diawetkan sebenarnya tidak dianjurkan. Beberapa bentuk makanan yang diawetkan diantaranya adalah daging dan ikan olahan, acar, jams, dll.

Bahan pengawet

Pengawet makanan sangat berbahaya. Kandungan seperti Natrium Benzoat adalah salah satu yang wajib untuk dihindari. Pengawet makanan biasanya ditemukan pada cuka, selain, jus buah, dan bahkan obat-obatan juga banyak mengandung pengawet.

Pengawet pada makanan menyebabkan hiperaktif pada anak-anak dan mempengaruhi otak mereka.


Monosodium glutamat atau MSG

Pada umumnya monosodium glutamat (MSG) dikenal dengan nama Garam Cina yang berbahaya bagi tubuh. Jika anda mengkonsumsi makanan dengan MSG hal tersebut akan mempengaruhi fungsi neurologis seperti kemampuan untuk mengingat dan belajar. Jadi, tidak heran apabila orang yang sering mengkonsumsi makanan mengandung MSG menjadi bodoh dan sering mengalami peradangan pada hati atau sakit kepala.

Sirup fruktosa

Bahan ini dikenal murah sehingga sering digunakan untuk menggantikan sukrosa. Biasanya bahan fruktosa banyak ditemukan pada makanan seperti es krim, roti, minuman sirup, dan berbagai jenis makanan panggang.

Bahan-bahan makanan tersebut wajib anda hindari. Apabila anda membeli sesuatu dari minimarket atau pasar, baca terlebih dahulu labelnya sebelum dikonsumsi.

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *