Apa yang Terjadi Jika Sering Minum Air Madu?

Selama ini, kita mengenal madu sebagai salah satu makanan sekaligus minuman yang memiliki banyak manfaat karena mengandung berbagai mineral yang baik untuk kesehatan. Rasanya yang khas, manis dan memiliki bau yang mengundang selera menjadikan madu banyak difavoritkan orang untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Apa yang Terjadi Jika Sering Minum Air Madu?
Apa yang Terjadi Jika Sering Minum Air Madu?. /Dok. healthline.com

Lalu, apa yang terjadi ketika kita minum air madu? Pernahkah anda mengetahui bahwa air panas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Sehingga, apabila kita campuran dengan madu apa dampak yang diberikan pada tubuh kita? Untuk mengetahui lebih jauh, berikut adalah beberapa pembahasan mengenai efek mengkonsumsi air madu bagi tubuh kita.

Madu merupakan anti bakteri yang akan melindungi kita dari berbagai infeksi ringan tertentu. Itulah sebabnya mengapa banyak orang mengkonsumsi madu yang dicampurkan dengan air panas atau air hangat karena bisa membantu melindungi tubuh.


Selain itu, air madu juga bisa membantu kita pulih lebih cepat dari kelelahan misalnya setelah bekerja keras seharian. Air madu yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh juga bisa membantu menyembuhkan kulit serta menurunkan berat badan.

Manfaat lengkap air madu

Mempercepat pemulihan
Banyak ahli kesehatan mengatakan bahwa madu bisa mempercepat proses pemulihan terutama setelah anda melakukan latihan yang berat dan menguras tenaga.

Meredakan sakit tenggorokan
Apabila dikonsumsi dengan dicampurkan bersama air hangat atau air panas, madu bisa bermanfaat untuk meredakan sakit tenggorokan, mengatasi batuk, dan gangguan pernapasan.

Sebagai antibakteri
Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya bahwa madu memiliki kandungan anti-bakteri yang akan mencegah infeksi kulit.Hal tersebut tidak lepas dari kandungan antioksidan yang terdapat di dalam madu. Antioksidan tersebut akan menjaga kulit kita agar tetap sehat.

Mengatur kadar gula
Beberapa orang percaya bahwa madu memiliki manfaat untuk mengatur kadar gula darah dengan cara yang lebih baik. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi madu setiap pagi yang disampaikan dengan air panas atau air hangat.

Menurunkan berat badan
Madu bisa membantu anda mengatasi kecanduan gula karena memiliki rasa manis. Ini merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan karena mengkonsumsi gula dapat menyebabkan seseorang mengalami obesitas.

Mencegah masalah jantung
Jika anda ingin memiliki jantung yang lebih sehat, madu merupakan salah satu minuman yang harus anda konsumsi setiap hari. Antioksidan yang hadir pada madu dapat mencegah masalah jantung dan akan memberikan banyak efek positif.

Bermanfaat untuk detoksifikasi
Sulit berkonsentrasi, sering merasa lelah atau mudah uring-uringan merupakan gejala dimana tubuh sudah kebanyakan racun. Itulah sebabnya mengapa kita harus melakukan detoksifikasi setidaknya seminggu sekali atau paling jarang satu bulan sekali. Madu merupakan salah satu air yang bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Agar tidak mudah terserang berbagai penyakit, ada baiknya anda secara rutin mengkonsumsi madu. Terutama pada musim dingin di mana imun tubuh menurun.


Melancarkan pencernaan
Apabila ibu hamil mengalami sembelit, mereka bisa mengkonsumsi air madu untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, bagi anda yang sering menderita kembung, cobalah terapi air madu karena manfaatnya sungguh luar biasa dalam menjaga kesehatan pencernaan.

Mencegah bau mulut
Jika selama ini anda cenderung kesulitan mengatasi bau mulut, anda bisa mengkombinasikannya madu yang dicampurkan dengan air lemon.

Gunakanlah untuk berkumur-kumur atau untuk dikonsumsi pada pagi hari agar mulut lebih sehat dan segar.

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.”(QS. An-Nahl [16]: 68-69)

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *