Alasan Mengapa Anda Selalu Makan Berlebihan

Memahami apa saja penyebab anda makan berlebihan, akan membantu anda mengurangi jumlah porsi makan anda. Namun, pernahkah anda menyadari apa yang akan terjadi jika anda makan secara secara berlebihan? Apabila makan berlebihan beberapa masalah kesehatan sudah pasti menunggu, diantaranya adalah, obesitas yang menyebabkan tersumbatnya arteri dan kemudian bisa merembet ke kondisi kesehatan lain, termasuk gangguan jantung dan tekanan darah tinggi. Itulah sebabnya mengapa setiap orang yang sering makan berlebihan cenderung menjadi gemuk dan sering memiliki penyakit jantung.
Alasan Mengapa Anda Selalu Makan Berlebihan
Alasan Mengapa Anda Selalu Makan Berlebihan. /Dok. selfhelpmagazine.com

Ketika seseorang makan berlebihan, hal tersebut bisa saja disebabkan karena kecanduan kompulsif akibat kebiasaan atau karena kondisi tertentu seperti stres. Jadi, sangat penting untuk mengetahui alasan dibalik nafsu makan yang gila-gilaan.

Alasan Seseorang Makan Berlebihan


Alasan pertama
Seseorang yang makan sambil menonton TV atau sambil memainkan gadget, biasanya menyebabkan individu tersebut makan secara berlebihan. Jadi, apabila anda terbiasa makan di depan televisi, atau makan sambil mengecek sosial media, sebaiknya anda segera meninggalkan kebiasaan tersebut karena akan berefek tidak baik untuk kesehatan.


Alasan kedua
Meskipun faktor genetik dapat mempengaruhi nafsu makan seseorang karena adanya sinyal yang dikirimkan ke otak, para ahli mengatakan bahwa hal tersebut bisa dirubah. Sehingga tidak menjadi kebiasaan buruk yang merugikan.

Alasan ketiga
Apabila anda sedang mengalami mood yang buruk dan mencoba melampiaskannya dengan mengkonsumsi makanan tertentu, maka itu bisa menjadi faktor penyebab makan berlebihan.

Apabila anda sedang berada tidak pada kondisi terbaik dimana suasana hati anda sedang sangat kacau, cobalah untuk mengendalikannya atau melampiaskannya dengan sesuatu yang lain selain makanan.

Alasan keempat
Seseorang yang berusaha lari dari tekanan atau stres biasanya akan menuju makanan. Seperti mereka yang memiliki mood jelek.Stres juga bisa menyebabkan orang makan berlebihan.

Alasan kelima
Makanan tertentu bisa menyebabkan kecanduan, seperti makanan-makanan manis atau makanan-makanan yang banyak mengandung kafein. Daftar makanan yang mengandung kafein salah satunya adalah coklat.

Apabila anda merasa kecanduan coklat, atau makanan-makanan tertentu, sudah saatnya anda waspada dan cobalah beralih ke makanan yang tidak menyebabkan kecanduan seperti sayur-sayuran atau buah-buahan.

Alasan keenam
Apabila tidur anda terganggu, atau apabila anda sering mengalami kesulitan tidur di malam hari, pada pagi hari biasanya perut cenderung lebih lapar sehingga memaksa anda untuk mengkonsumsi nasi atau makanan dalam jumlah berlebihan.


Jadi, untuk mengatasi hal ini anda dianjurkan tidur tepat waktu, dan hindarilah beberapa gangguan konstan dari gadget, televisi atau yang lainnya.

Alasan ketujuh
Tidak makan tepat waktu merupakan salah satu pemicu lain seseorang makan berlebihan. Pada saat kita melewatkan sarapan, atau terlambat makan siang, hal tersebut akan membuat perut menjadi sangat lapar.

Apabila sering terjadi, hal ini akan memicu anda makan lebih banyak dibandingkan biasanya.

Baca juga:
Alasan Mengapa Daun Mimba Baik untuk Kesehatan
Beberapa Alasan Orang Malas Pergi ke Dokter, Berikut Alasannya

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *