Trik Sederhana Melawan Rasa Cemas

Kecemasan adalah emosi manusia yang normal adanya. Kita semua pernah mengalami rasa cemas di beberapa titik dalam kehidupan kita. Dan tidak sedikit juga orang yang merasa cemas atau gugup ketika menghadapi masalah terutama di tempat kerja.
Trik Sederhana Melawan Rasa Cemas
Trik Sederhana Melawan Rasa Cemas. /Dok. haikudeck.com

Sayangnya, rasa cemas seringkali mendatangkan efek negatif karena bisa mengganggu kemampuan seseorang untuk menjalani kehidupan normal. Kecemasan dapat dikategorikan ke dalam lima jenis yaitu, gangguan obsesif-kompulsif, gangguan kecemasan umum, gangguan stres pasca trauma, gangguan panik dan gangguan kecemasan sosial.

Gejala kecemasan bisa bervariasi atau berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Kecemasan bisa berbahaya jika mengarahkan depresi. Kecemasan tersebut membutuhkan bantuan medis. Namun, kecemasan dan stress bisa diobati secara alami dengan menggunakan beberapa metode sederhana.


Trik melawan rasa cemas

Bagi anda yang mudah merasa cemas dan sering merasa cemas, berikut beberapa tips yang mungkin bisa anda terapkan untuk menguranginya.

Manfaatkan minyak lavender

Rasa cemas bisa dikurangi dengan bantuan minyak lavender karena sejak dahulu sudah sering digunakan. Minyak ini memiliki aroma yang bisa menenangkan pikiran apabila di hirup dan dapat meredakan gejala kecemasan.

Blueberry

Blueberry memang tidak mudah ditemukan di Indonesia layaknya strawberry. Namun perlu anda ketahui bahwa blueberry merupakan salah satu makanan yang kaya vitamin C dan antioksidan. Blueberry bisa menjadi solusi tepat mengatasi stres. Selain memanfaatkan Blueberry, anda juga bisa memanfaatkan buah jeruk.

Mengkonsumsi ikan salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang bisa mengaktifkan sel-sel otak agar berfungsi dengan baik. Menurut beberapa penelitian, makanan yang kaya asam lemak omega-3 bisa mencegah stres dan mengurangi kecemasan. Selain ikan salmon anda bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dari minyak ikan atau buah alpukat.

Almond

Kacang almond atau badam apabila dikonsumsi bisa melegakan kita dan menjauhkan dari stress serta rasa cemas. Almond kaya vitamin E dan B2. Kedua vitamin tersebut bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjauhkan kita dari stres.

Alpukat

Pada point sebelumnya, alpukat sudah di singgung. Alpukat yang kaya vitamin B bisa membantu mengatasi rasa cemas. Jadi, apabila anda ingin mengurangi kecenderungan memiliki rasa cemas cobalah mengkonsumsi alpukat secara rutin. Selain itu, sebenarnya alpukat merpakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat terutama untuk meningkatkan konsentrasi dan menguatkan ingatan.


Asparagus

Tips selanjutnya untuk melawan rasa cemas adalah dengan memanfaatkan asparagus karena mengandung asam folat. Asparagus bisa meningkatkan suasana hati dan mengobati kecemasan.

Daging turki

Daging turki mengandung triptofan yang bisa mempengaruhi sinyal otak untuk melepaskan sorotin yaitu kimia yang akan memberikan rasa tenang dan mengurangi stres dan cemas.

Jika anda tidak kesulitan menemukannya, cobalah mengkonsumsi daging turki pada saat makan siang.

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *