Tips Sukses Melewati Hari Pertama Kerja

Sudah mendapatkan pekerjaan pertama anda? Selamat! Sekarang apa? Yang lebih penting dari memilih baju kerja untuk hari perdana di kantor adalah persiapan di dalam diri anda. Coba empat tips berikut untuk menjadi versi diri kita yang terbaik di hari pertama kerja.
Tips Sukses Melewati Hari Pertama Kerja
Tips Sukses Melewati Hari Pertama Kerja. /Dok. Edited dari careerealism.com

Jadilah yang pertama mengenalkan diri.

Jabat tangan orang yang ada disana dan sebutkanlah nama panggilan anda. Lalu sebutkan bahwa ini adalah hari pertama anda kerja sebagai posisi anda. Memang kemungkinan besar perusahaan akan menunjuk satu orang untuk mengenalkan anda. Tetapi jika tidak, ingatlah bahwa anda yang butuh berkenalan dengan rekan kerja anda. Jangan lupa untuk menanyakan nama panggilan pilihan orang yang anda ajak berkenalan, bukan pilihan teman-teman yang sudah bekerja di kantor terlebih dulu.


Tawarkanlah apa kita harus menambahkan Mas, Mbak, Pak atau Ibu ketika memanggil. Tetapi lihat juga usia mereka, ya. Dan juga posisi di kantor. Kalau sempat, sebelum berkenalan, carilah tanda posisi di sekitar meja mereka atau lihat sekilas tumpukan kartu nama. Dan kita juga perlu untuk mencari tahu siapa yang akan banyak berurusan dengan kita.

Bertanyalah.

Konsep ini mungkin sering dianggap gampang. Namun beberapa orang memilih untuk tidak banyak bertanya di hari pertama mereka karena takut diremehkan level pengetahuan kerja di bidangnya. Hal ini bisa berakibat fatal nantinya. Tidak ada ruginya bertanya. Untungnya adalah, orang-orang di sekitar anda akan merasa menjadi ‘guru’. Dan pasti mereka akan senang berbagi informasi dengan anda.

Apabila ada beberapa yang tampak tidak nyaman kita beri pertanyaan, cobalah menyortir pertanyaan-pertanyaan kita. Mungkin yang awalnya 7 pertanyaan  dengan jawaban Ya dan Tidak bisa kita sederhanakan menjadi 3 dengan format pertanyaan terbuka . Bertanya model ini juga termasuk salah satu bentuk interaksi yang paling wajar.

Perhatikan pola interaksi.

Siapa yang ‘memimpin’ grup di kantor anda? Grup macam apa yang ada? Apakah anda sedang ‘direkrut’ untuk menjadi anggota salah satu grup? Untuk hari-hari pertama, hindarilah berusaha untuk disukai orang lain dengan secara tidak langsung bergabung dengan grup mereka. Pastikan bahwa sikap anda adalah ‘berteman dengan semua’.


Apabila rekan kerja kita sedang mengolok-olok seseorang yang anda tidak tahu, kita tidak perlu tertawa. Tersenyum sedikit saja cukup dan lalu arahkan pandangan ke layar komputer atau kertas-kertas di hadapan kita. Hindarilah hal-hal seperti ini di hari-hari awal anda bekerja.

Di akhir hari, anda perlu mengingat satu hal. Hari pertama bukanlah hari yang menentukan seluruh hidup karir anda. Jika anda membuat kesalahan di hari pertama, ingatlah bahwa selalu ada kesempatan untuk melakukan perbaikan. Selamat hari pertama kerja!

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *