Tips Jitu untuk Mengembangkan Diri di Dunia Kerja

Berhasil mendapatkan posisi kita diperusahaan sekarang ini adalah pencapaian kita di salah satu pos jalur karir. Itu artinya, masih ada banyak pos berikutnya yang harus kita jalani. Kita tidak akan berada di pekerjaan ini selamanya. Dan waktunya pun kebanyakan bukan terserah kita.
Tips Jitu untuk Mengembangkan Diri di Dunia Kerja
Tips Jitu untuk Mengembangkan Diri di Dunia Kerja. /Dok. careerrocketeer.com

Apabila kita masih muda, jalan kita masih panjang. Apabila usia kita sudah berusia matang, mempertahankan pekerjaan adalah salah satu pilihan kita. Bagaimanapun keadaan kita sekarang ini, kita tidak boleh berhenti dan harus selalu mengembangkan diri kita di dunia kerja.

Workshop

Apapun jenis pekerjaan kita, pasti ada organisasi yang menyediakan workshop atau seminar untuk peningkatan profesionalisme kerja kita. Ajukan anggaran ke atasan kita. Dengan tema yang tepat dan jaminan manfaat yang akan kembali ke perusahaan melalui peningkatan performa kita, atasan kita tentu akan mempertimbangkannya. Jika tidak diijinkan karena satu dua hal, lihatlah rekening kita. Apabila cukup, berinvestasilah secara mandiri ke ilmu pengetahuan dan ketrampilan itu untuk masa depan.


Atau pilihan lain adalah soft loan pinjaman lunak dari kantor ke kita. Jika masih ada tantangan disana, teliti lagi jenis acara yang anda ikuti. Biasanya perusahaan training menawarkan beberapa paket acara. Pilihlah yang one-day workshop.

Memang kita tidak akan mendapatkan sebanyak apa yang dapat diberikan di training dengan hari yang lebih panjang. Tetapi kadang-kadang yang kita butuhkan adalah sebuah awal. Sisanya bisa kita pelajari sendiri nantinya. Dan jangan lupa, tawar serta mintalah diskon. Biasanya diskon diberikan apabila jumlah peserta yang datang lebih dari dua. Siapa tau ini adalah kesempatan teman kita untuk juga mengembangkan diri.

Online resources

Kalau kita bisa seharian berselancar di Facebook, kita pasti bisa juga bergabung dengan grup sejenis profesi kita untuk mendapatkan info walaupun barang secuil untuk pengembangan diri kita. Pilihan lainnya adalah mengikuti MOOC-Massive Open Online Course. Untuk yang belum tahu benar, mengikuti MOOC itu seperti belajar di Universitas Terbuka.

Bedanya adalah, kita melakukan semuanya secara online. Mulai dari pendaftaran sampai proses mendapatkan sertifikat. Kursus yang ditawarkan disana sangat variatif. Pasti anda bisa menemukan salah satu yang sesuai dengan bidang anda. Jadikanlah internet tidak hanya sebagai pelarian dari kebosanan, namun juga alat untuk pengembangan diri kita.


Observasi


Terkadang pekerjaan kita menyita banyak waktu sehingga kita tidak akan bisa mengikuti workshop dan hanya menggunakan internet sebagai hiburan untuk kepala kita yang stress. Santai saja. Kita masih tetap punya pilihan kok. Amati saja rekan-rekan dan atasan kita.

Apa yang mereka lakukan untuk membuat pekerjaan mereka lebih cepat? Bagaimana hal-hal kecil yang atasan kita kerjakan menjadi hasil yang besar? Jika kita belum bisa melihat manfaat melakukan observasi kecil-kecilan ini sekarang, mungkin kita akan merasakan hasilnya di posisi kita selanjutnya. Tetaplah mengembangkan diri.

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *