Taman Buah Lubuk Pakam, Makan Buah Sepuasnya

Taman buah Lubuk Pakam merupakan kebun mini buah-buahan dan hortikultura yang terletak di komplek perkantoran Pemkab Deli Serdang di jalan karya Jasa, dikelola oleh Dinas Pertanian menjadi ruang terbuka hijau. Hal yang menarik dari taman buah ini adalah, anda dapat menikmati buah sepuasnya, namun harus izin dulu dengan pengelola dan hanya buah yang sudah masak. Kecuali anda nggragas, buah mentah pun dimakan.
Taman buah Lubuk Pakam, patung buah-buahan yang mencuri perhatian pengunjung untuk berfoto
Taman buah Lubuk Pakam, patung buah-buahan yang mencuri perhatian pengunjung untuk berfoto. /Dok. SeMedan.com

Di Taman Buah memiliki berbagai macam tanaman buah-buahan diantaranya, pohon durian, mangga, rambutan, manggis, duku, belimbing, sawo, jambu biji, manggis, nenas dan sebagainya. Berbagai macam aneka jenis bunga yang tertata rapi menghiasi sekitar taman ini. Luas taman ini sekitar 4 hektar, pohon durian dan mangga yang paling banyak dan di kelompokkan sesuai jenis pohonnya.
Pohon durian paling banyak di Taman Buah Lubuk Pakam
Pohon durian paling banyak di Taman Buah Lubuk Pakam. /Dok. SeMedan.com

Tidak hanya tanaman dan bunga yang menghiasi taman ini, fasilitas bermain untuk anak-anak disediakan dan terbilang cukup lengkap dan terawat. Tempat duduk santai di bentuk sedemikian rupa seperti buah-buahan, tong-tong sampah tersedia di berbagai sudut taman ini, walaupun banyak pengunjung yang buang sampah sembarangan.


Di hari libur taman buah ramai dipadati pengunjung dari rombongan keluarga, pasangan muda-mudi dan anak remaja dengan aktivitas masing-masing, anak-anak bermain di wahana permainan sementara orangtua duduk santai sambil mengawasi sianak bermain. Remaja dan pasangan muda-mudi terlihat berfoto selfie, ada banyak pilihan spot berfoto di taman buah untuk sekedar untuk narsis di media sosial.
Tempat bermain anak-anak dan ada berapa jenis mainan terdapat di sekitar Taman Buah
Tempat bermain anak-anak dan ada berapa jenis mainan terdapat di sekitar Taman Buah. /Dok. SeMedan.com

Saat penulis ke tempat ini belum musim berbuah, jadi intuk merasakan panen buah secara langsung belum bisa dirasakan, tapi lain hari penulis akan kembali ke tempat ini saat musim buah untuk merasakan panen buah secara langsung dan di perbaharui di artikel ini.

Untuk menuju ke taman buah dari Kota Medan, anda masuk dari jalan karya utama, dari samping kantor bupati Deli Serdang terus melintasi kantor Samsat menuju jalan pintas menuju ke Galang.

Masuk dari jalan karya utama, melewati alun-laun Pemda Deli Serdang, menuju jalan pintas ke Galang
Masuk dari jalan karya utama, melewati alun-laun Pemda Deli Serdang, menuju jalan pintas ke Galang. /Dok. SeMedan.com
Pintu gerbang Taman Buah Lubuk Pakam
Pintu gerbang Taman Buah Lubuk Pakam. /Dok. SeMedan.com
"Foto lainnya ada disini"

Masuk ke taman ini tidak dikenai biaya, memiliki lahan parkir luas. Tidak ada musholla dan tidak ada tempat berteduh ketika terjadi hujan. Dan diperlukan plang informasi jenis tanaman, dan plang pemberitahuan "Jangan membuang sampah sembarangan" bagi pengunjung. Bersama kita menjaga taman buah menjadi destinasi wisata di Lubuk Pakam.

Taman Buah Lubuk Pakam


Baca juga:
Ufuk Menghitam, Rindu Menikam di Lubuk Pakam

Halaman


Penulis: M. Sahidin
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *