Mitos dan Fakta Tentang Keringat Yang Perlu Anda Ketahui

Banyak diantara kita yang bertanya-tanya mengapa kita berkeringat? Sehingga, tidak sedikit dari kita yang terkadang tidak suka berkeringat atau benci pada saat berkeringat terutama di situasi tertentu. Berkeringat sebenarnya merupakan cara alami tubuh menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Sehingga apabila tubuh dalam kondisi panas, tubuh akan cenderung mengeluarkan keringat untuk mendinginkan.
Mitos dan Fakta Tentang Keringat
Mitos dan Fakta tentang Keringat. /Dok. subliminalmessagecds.com

Sebaliknya, apabila tubuh kesulitan mengeluarkan keringat maka hal tersebut bisa menandakan bahwa orang tersebut berada dalam masalah.

Jadi, secara normal berkeringat diperlukan untuk menjaga agar tubuh berfungsi dengan baik. Namun, selain beberapa fakta yang telah diungkapkan secara medis, ada juga beberapa mitos yang sering beredar dan menyangkut tentang keringat. Beberapa diantara mitos tersebut tidak memiliki dasar ilmiah. Dan beberapa fakta lain didukung dan sudah diteliti oleh para ilmuwan.


Mitos dan fakta mengenai keringat

Beberapa mitos yang muncul di masyarakat diantaranya adalah, mitos tentang bahaya penggunaan antiperspirant. Meskipun beberapa orang percaya bahwa hal tersebut berbahaya, namun hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut.

Untuk lebih lengkapnya, berikut delapan mitos dan fakta mengenai keringat yang perlu anda ketahui.

  1. Banyak orang percaya bahwa kita bisa menurunkan berat badan melalui berkeringat. Sebenarnya, keringat hanya mengurangi air di dalam tubuh dari minuman yang kita minum. Dan bukan mengurangi berat badan yang terdiri atas otot dan lemak.

  2. Jika anda berkeringat terlalu banyak, bukan berarti disebabkan karena anda latihan dengan sangat intens. Banyak berkeringat juga bisa disebabkan karena pakaian yang anda gunakan, suhu di dalam kamar atau di tempat anda berdiri, serta metabolisme tubuh anda juga memainkan peranan penting terhadap keringat yang keluar.

  3. Banyak orang percaya bahwa keringat berbau. Namun tahukah anda bahwa keringat tidak berbau, akan tetapi bakteri yang tumbuh akibat adanya kelembaban tersebutlah yang menyebabkan bau.

  4. Penggunaan antiperspirant berbahaya. Hal tersebut banyak diungkapkan oleh beberapa orang dalam beberapa artikel. Namun faktanya, hingga saat ini belum ada konfirmasi ilmiah mengenai bahaya antiperspirant.


  5. Sebagian besar dari kita percaya bahwa berkeringat akan membantu mengeluarkan racun. Namun, sebenarnya, racun pada umumnya akan keluar melalui urine. Jadi, keringan hanya mengandung protein, urea, dan garam. Akan tetapi, tidak mengandung racun yang dikeluarkan dari dalam tubuh.

  6. Beberapa orang berpikir bahwa berkeringat hanya bisa terjadi pada saat cuaca sangat panas. Sebenarnya, tubuh bisa terus-menerus berkeringat untuk menyesuaikan diri dengan suhu di sekitarnya dengan melepaskan kelembaban sehingga bisa saja terjadi pada skala yang lebih besar.

  7. Sebagian orang yang percaya bahwa keringat tidak baik untuk kulit karena bisa menyebabkan jerawat. Sebenarnya jerawat disebabkan oleh penyumbatan pori-pori sehingga minyak tidak dapat keluar.

  8. Ada kesalah pahaman lainnya dimana apabila kita menggunakan tabir surya, hal tersebut dipercaya bisa menghalangi pori-pori berkeringat. Namun pada kenyataannya, tabir surya tidak ada hubungannya dengan hal tersebut.

Mulai sekarang anda mengetahui mitos dan fakta tentang keringat, akan tetapi kalau anda tiba-tiba berkeringat lebih banyak dari biasanya sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari atau sering mengalami berkeringat di malam hari tanpa alasan yang jelas, saatnya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan anda.

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *