Manfaat Makan Sedikit dan Banyak Bergerak

Sebagian besar masalah kesehatan berasal dari kebiasaan makan berlebihan. Sebuah solusi yang baik untuk masalah ini sebenarnya sangat sederhana, yaitu, kurangi makan.
Ilustrasi makan sangat sedikit
Ilustrasi makan sangat sedikit. /Dok. greatist.com

Jika anda makan tidak terlalu banyak dan bergerak lebih aktif, setengah dari masalah kesehatan bisa dikendalikan. Akan tetapi, sebaliknya, apabila anda makan banyak dan sedikit bergerak maka kemungkinan besar anda akan bermasalah dengan kesehatan.

Namun, tentu saja, tidak berarti bahwa anda harus kelaparan setiap saat karena makan terlalu sedikit. Karena makanan yang terlalu sedikit dan tidak mengandung banyak nutrisi juga tidak dianjurkan. Makan sedikit tanpa memenuhi jumlah nutrisi sangat berbahaya bagi kesehatan. Jadi, cobalah untuk makan dalam jumlah yang cukup namun tidak berlebihan dengan mempertimbangkan berbagai nutrisi dan vitamin yang anda butuhkan dari makanan-makanan tersebut.


Jika anda ingin menuai keuntungan dari sedikit makan dan banyak bergerak, anda harus banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang alami serta masih segar. Karena ini merupakan kunci dari gaya hidup yang aktif dan sehat.

Manfaat makan sedikit dan banyak bergerak

Diantara beberapa manfaat yang akan anda dapatkan dengan tidak makan terlalu banyak diantaranya adalah,

Manfaat pertama

Energi anda tidak akan berlebihan dan sesuai dengan apa yang anda butuhkan dalam batas-batas yang wajar serta sehat. Anda bisa tetap terjaga dan konsentrasi anda tidak akan terganggu karena metabolisme tubuh juga berada dalam kecepatan yang tepat.

Manfaat kedua

Mengkonsumsi makanan yang sehat dalam batas-batas wajar dapat memperlambat proses penuaan. Tubuh anda akan memiliki cukup energi dan sumber daya untuk memerangi berbagai kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat ketiga

Kemungkinan besar anda akan jarang mengunjungi dokter karena tubuh anda bisa memperbaiki dirinya serta memulihkan dirinya dengan baik. Hal tersebut bisa terjadi karena energi yang akan anda habiskan sesuai dengan makanan yang anda konsumsi.Sehingga, pencernaan akan mencerna makanan sesuai dengan yang dibutuhkan serta pencernaan juga akan membuang racun dengan lancar.


Manfaat keempat

Dalam penelitian lain dinyatakan bahwa mengkonsumsi makanan sehat dalam jumlah yang tepat akan membantu meningkatkan kualitas seks anda.

Sebaliknya, apabila anda mengkonsumsi makanan secara berlebihan dan kurang bergerak, hal tersebut bisa menyebabkan penurunan libido. Sebaliknya, makanan sehat dengan jumlah yang tepat akan membuat libido dalam keadaan normal.


Manfaat kelima

Masalah obesitas yang menjadi sumber berbagai penyakit seperti darah tinggi, jantung, diabetes dan lain-lain, tidak akan pernah menghampiri anda karena anda hanya mengkonsumsi makanan sesuai dengan yang dibutuhkan.

Manfaat keenam

Membatasi asupan makanan juga sangat baik untuk hormon. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidak makan terlalu banyak akan meningkatkan vitalitas, kesehatan dan kekuatan.

Manfaat ketujuh

Manfaat lainnya dengan makan sedikit dan banyak bergerak adalah akan membuat anda menjadi lebih pintar.Karena otak cenderung bekerja dengan baik dan dalam kondisi yang sehat.

Tidak makan berlebihanan akan membuat pencernaan Anda tidak terganggu. Begitu juga ketika Anda banyak bergerak akan membuat makanan tersebut diubah menjadi energi oleh tubuh, alih-alih dijadikan sebagai lemak karena tidak digunakan.

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *