Makanan Yang Menyebabkan Ngantuk untuk Pengganti Obat Tidur

Apakah anda sering mengalami gangguan tidur, atau kekurangan tidur karena sering terlambat tidur? Hal tersebut tentunya sangat menyiksa terlebih jika anda harus bekerja pada pagi harinya. Kesulitan tidur seperti insomnia adalah salah satu penyakit yang paling umum saat ini. Diantara beberapa alasan mengapa orang sulit tidur adalah, karena kerja lembur, karena salah mengkonsumsi makanan yang menyebabkan mata tidak mengantuk, karena stres, karena aktivitas di siang hari dan lain-lain.
Makanan Yang Menyebabkan Ngantuk
Makanan Yang Menyebabkan Ngantuk. /Dok. Edited dari enkivillage.com

Namun, terlepas dari apapun alasan anda kesulitan untuk tidur pada malam hari, ada konsekuensi yang harus diterima karena kekurangan tidur. Diantaranya adalah, stres, tekanan darah tinggi, obesitas dan beberapa masalah kesehatan lainnya.

Kesulitan tidur, disamping dapat membuat stres juga akan merugikan diri sendiri terlebih jika kita bekerja pada pagi dan siang hari dimana biasanya badan akan menjadi lemas, ngantuk, dan otak kehilangan fokus.


Menggunakan berbagai obat-obatan agar bisa tidur bukankah ide tepat, mengingat efek sampingnya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, jika anda ingin bisa untuk tidur pada malam hari lebih cepat, anda bisa mencoba beberapa makanan berikut ini.

Makanan yang Menyebabkan Ngantuk

Oatmeal

Idealnya, oatmeal dikonsumsi pada saat sarapan. Namun jika anda ingin memanfaatkannya pada malam hari untuk membantu agar anda bisa ngantuk lebih cepat, tidak ada salahnya mencoba.
Oatmeal bisa memicu produksi insulin dan meningkatkan kadar gula darah sehingga menyebabkan rasa kantuk datang lebih awal. Selain itu, kandungan melatonin yang ada pada oat akan membuat tubuh menjadi lebih tenang dan tidur lebih lelap.


Almond

Kacang almond bisa membuat kita ngantuk karena mengandung banyak magnesium serta triptofan. Kedua kandungan tersebut berfungsi menyebabkan saraf dan otot menjadi lebih rileks sehingga pada saat yang sama irama jantung menjadi lebih stabil. Mengkonsumsi almond akan membuat anda segera tertidur.

Madu

Makanan lain yang berpotensi menyebabkan rasa kantuk adalah madu.Madu terdiri atas glukosa yang bisa mempengaruhi kimia di dalam otak dan dikenal sebagai orexin. Hanya satu sendok makan madu cukup untuk membuat anda segera terlelap.

Buah ceri

Buah ceri tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pada pagi dan siang hari karena berpotensi menyebabkan rasa kantuk. Oleh sebab itu, apabila anda ingin segera tidur pada malam hari, tidak ada salahnya mencoba buah yang mengandung melatonin dan membantu mengontrol siklus tidur kita ini.

Untuk lebih menguatkan efek buah ceri dalam menghadirkan rasa kantuk, anda bisa mengombinasikannya dengan roti gandum.

Pisang

Pisang juga bisa dikonsumsi pada malam hari karena mengandung kalium dan magnesium yang bermanfaat untuk menenangkan saraf dan otot.Pisang juga kaya vitamin B6 yang bisa merubah triptofan menjadi serotin sehingga membuat tubuh menjadi lebih santai.


Selada

Sayuran ini memiliki banyak kandungan lactucarium yang bisa membuat anda segera tertidur. Cara memanfaatkannya, anda bisa merebus 3-4 daun selada dengan satu cangkir air dan tambahkan 2 daun mint kemudian konsumsilah sebelum tidur.

Nasi

Nasi memang tinggi glikemik dan bisa membuat kita cepat ngantuk. Akan tetapi, nasi tidak dianjurkan untuk di konsumsi dalam jumlah banyak, terutama pada malam hari dimana kita tidak membutuhkan banyak energi.Walau demikian,sesekali anda bisa mengkonsumsi nasi untuk membiasakan diri agar tidur lebih awal.

Keju

Selain susu hangat, keju juga adalah salah satu produk susu yang manfaatnya kurang lebih sama. Keju dapat memicu rasa kantuk karena banyak mengandung kalsium yang membantu otak untuk menggunakan tryptophan yang menghasilkan melatonin, Melatonin akan membuat anda ngantuk.

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *