Kebiasaan Tidak Sehat yang Kita Lakukan di Pagi Hari

Kegiatan kita di pagi hari sangat penting karena kegiatan tersebut akan mengawali hari kita. Tidak jarang kegiatan-kegiatan yang kita lakukan di pagi hari menentukan apakah aktifitas yang kita lakukan berjalan dengan baik atau tidak. Jadi, kebiasaan di pagi hari yang sehat sangat penting, namun seringkali kita mengabaikan rutinitas pagi yang cenderung bisa mempengaruhi hari tersebut.
Kebiasaan Tidak Sehat yang Kita Lakukan di Pagi Hari
Kebiasaan Tidak Sehat yang Kita Lakukan di Pagi Hari. /Dok. Edited dari huffingtonpost.com

Salah satu kebiasaan sehat yang sering kita lupakan adalah bangun lebih pagi sehingga berbagai persiapan bisa kita lakukan mulai dari sikat gigi, sarapan dan bahkan sempat berolahraga. Sebaliknya, kebiasaan bangun terlambat cenderung membuat kita terburu-buru dan tidak sempat melakukan berbagai kegiatan penting yang bisa menjaga kesehatan,tidak hanya untuk hari ini melainkan untuk masa depan.

Saat kita melakukan segala sesuatu dengan terburu-buru, kegiatan tersebut terkadang tidak kita lakukan dengan hati-hati atau tidak kita lakukan dengan benar. Akibatnya tentu saja akan merugikan diri kita sendiri.


Kebiasaan di Pagi Hari yang Tidak Sehat


Ngopi di pagi hari
Tidak jarang orang memulai harinya dengan mengkonsumsi kopi di pagi hari.Bahkan, tanpa gosok gigi terlebih dahulu. Kebiasaan buruk tersebut harus segera dihindari.Terlebih, jika usia anda lebih dari 30 tahun karena sangat berbahaya. Tidak hanya itu, kebiasaan ini juga harus dihentikan oleh semua orang di segala usia.

Merokok sebelum sarapan
Ada banyak orang yang belum mengkonsumsi apapun dan langsung menyalakan rokok. Kebiasaan tersebut sangatlah buruk. Sebelum mengkonsumsi apapun, jangan menyentuh rokok karena bisa sangat berbahaya terutama untuk kesehatan jantung dan pernafasan.Larangan tersebut juga bukan berarti bahwa anda dianjurkan untuk merokok setelah mengkonsumsi makanan atau minuman.Namun sebaliknya,setiap perokok dianjurkan untuk berhenti.

Mengkonsumsi makanan berlemak
Sarapan yang baik salah satunya adalah salad. Selain itu, jus buah dan sayur karena tidak mengandung banyak lemak juga sangat baik. Hindarilah makanan-makanan berlemak yang merugikan kesehatan dan jangan dijadikan sebagai sarapan.

Tidak sarapan
Terburu-buru pergi ke kantor atau terburu-buru pergi ke sekolah karena bangun kesiangan, tidak sempat menyiapkan sarapan sehingga sarapan terlewatkan. Ini merupakan kebiasaan tidak baik yang harus segera diubah. Bangunlah lebih pagi untuk menyiapkan sarapan dan buatlah sarapan sehat yang tidak banyak menyita waktu.

Tidak mandi
Kebiasaan buruk selanjutnya adalah tidak mandi pada pagi hari. Padahal, menjaga higienitas atau kebersihan diri merupakan salah satu cara agar tubuh menjadi lebih segar, bebas kuman dan bakteri.Sehingga,bau badan akan lebih segar. Jadi, berhentilah mengandalkan parfum.

Jangan terlambat bangun
Bangun lebih awal misalnya pukul 05.00 atau saat sebelum sholat subuh merupakan cara terbaik mempersiapkan hari yang indah dan menyenangkan. Namun, kebiasaan buruk dengan tidak bangun pagi akan membuat hari anda kemungkinan tidak akan sukses.


Tidak menyikat gigi
Tidak menyikat gigi dapat merusak gigi secara bertahap. Anda mungkin terburu-buru untuk pergi dari rumah, entah itu ke sekolah maupun ke tempat kerja, sehingga tidak ada waktu untuk sikat gigi. Kebiasaan ini harus segera diakhiri jika anda ingin merasakan nikmatnya makan dan menikmati hidup.

Karena tidak bisa, tidak jarang menggosok gigi menyebabkan gigi rapuh dan berlubang sehingga lambat laun gusi juga akan bermasalah. Tidak hanya itu, sakit gigi menyebabkan penderitaan berkepanjangan termasuk juga beresiko mengakibatkan penyakit jantung.

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *