Gemar Chatting Online di Kantor, Pertimbangkan Beberapa Hal ini

Banyak sekali perusahaan mengadopsi sistem kerja online untuk melakukan berbagai aktifitas bekerja sehari-hari. Selain email, salah satu fitur lain yang sering digunakan melalui komputer atau laptop kita adalah chatting. Pasti kita melakukan itu sehari-hari dan mungkin sudah tidak memperhatikan lagi hal-hal berikut.
Gemar Chatting Online di Kantor, Pertimbangkan Beberapa Hal ini
Ilustrasi Chatting Online. /Dok. SeMedan.com

Personal VS Professional

Teman-teman kantor kita mungkin juga menjadi teman-teman di kehidupan personal kita. Sehingga batas hubungan ini sering kabur atau bahkan bersatu tanpa beda. Namun sedekat apapun kita dengan mereka, pekerjaan adalah pekerjaan. Dan kita tidak pernah tahu bahwa kapan saja, hal-hal bisa berubah karena sifat hubungan itu. Dari teman bisa menjadi lawan. Dan bahan obrolan kita bisa dijadikan senjata melawan kita senditi.

Oleh karena itu, ketika kita mengobrol di sistem chat kantor, berhati-hatilah. Hindari obrolan sensitif seperti masalah keluarga, uang dan bahkan atasan. Sebisa mungkin, selesaikanlah waktu curhat anda di jam makan siang atau ketika ada urusan luar. Lagian lebih seru bukan membahas masalah-masalah tersebut dan mendapat reaksi non-verbal dari teman anda?


Screenshot

Terkait dengan poin diatas, kegiatan menangkap isi layar adalah kegiatan yang wajar di jaman sekarang ini. Nah, bayangkan apabila percakapan kita di layar komputer ditangkap oleh rekan kerja kita dan lalu diedarkan. Bisa fatal, kan? Memang sih proses penangkapan isi layar di komputer atau laptop lebih ribet ketimbang di hape.

Tapi kemungkinan buruk itu tetap ada. Namun itu tidak berarti kita harus meninggalkan fitur ini. Kadang ada beberapa pembahasan penting di layar obrolan kita yang perlu kita simpan untuk referensi di kemudian hari.

Chat history

Kemajuan dunia online chatting mendorong para pengembang software dan sistem kerja berbasis internet untuk menambahkan fitur-fitur yang mendukung pekerjaan kita. Manfaatkanlah. Jika kita mengobrol masalah yang berhubungan dengan agenda meeting besok, hidupkanlah chat history atau penyimpanan sejarah percakapan.

Ketika bahasan kita sudah sedikit pribadi, matikanlah fitur itu. Hargailah rekan kerja kita yang membagi sedikit kehidupan pribadinya. Namun, apabila kita tidak nyaman orang lain menyimpan bahan obrolan kita, mintalah dengan sopan agar mereka mematikan fitur penyimpanan percakapan.

Volume Notifikasi



Karena serunya kita mengobrol dengan teman melalui sistem kantor, terkadang kita lupa mengecilkan volume notifikasi di komputer.  Bunyi tang ting tang ting mungkin tidak mengganggu kita karena kita terlibat di percakapan tersebut. Bagaimana dengan ‘tetangga’ sebelah anda. Mungkin dia sedang menghadapi laporan penuh angka.

Mungkin juga baru saja dia menerima email terguran dari sang atasan. Bertoleransilah kepada mereka. Kecilkan atau matikan sekalian volume komputer anda. Kalau anda masih mendengarkan musik, bisa anda alihkan kegiatan itu di hape kesayangan kita menggunakan headset favorit.

Penulis: Husnul Khotimah
Kutipan Favorit: "Dunia adalah perhiasan, perhiasan dunia yang baik adalah Wanita sholihah"
Sumber: SeMedan.com - Seputar Medan

Translate

loading...

Contact Form

Name

Email *

Message *